Stadion Wibawa Mukti: Ikon Bekasi & Langganan Timnas Selain SUGBK

Tak cuma karena dekat dengan Ibu Kota yang menjadi alasan Stadion Wibawa Mukti sering jadi lokasi timnas Garuda menjamu lawan-lawannya. Stadion satu ini memiliki kualitas tinggi dan memiliki standar internasional serta masuk dalam deretan stadion terbesar di Indonesia.

Lebih lanjut, berikut informasi selengkapnya mengenai Stadion Wibawa Mukti.

Kapan Stadion Wibawa Mukti Didirikan dan Dimana Lokasinya?

Stadion Wibawa Mukti (WBM) mulai dibangun tahun 2012 dan diproyeksikan selesai tahun 2014.

Tujuan utama pembangunan Wibawa Mukti adalah untuk jadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XII 2014 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

Tak hanya itu, dengan agenda Asian Games 2018 kala itu yang semakin dekat, stadion ini juga jadi salah satu lokasi berlangsungnya pertandingan cabang olahraga (cabor) sepak bola.

Perkiraan pembangunan sesuai target, dan tak hanya stadion sepak bola saja, komplek area WBM juga memiliki fasilitas yang bisa digunakan untuk latihan atlet pada cabor Atletik, Panahan, Renang, dan Pencak silat.

Sementara itu, area GOR WBM telah menjadi rumah untuk Panjat Tebing, Basket, Drum Band, Menembak, Renang, Bulu Tangkis dan beberapa cabang olahraga lainnya.

Stadion yang menjadi ikon di Cikarang, Kabupaten Bekasi ini tepatnya berlokasi di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Selain karena memiliki standar internasional, akses stadion sangat mendukung, salah satunya dekat dengan gerbang tol Cibatu KM 34.7 Jakarta-Cikampek.

Kapasitas dan Renovasi Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Stadion Wibawa Mukti memiliki kapasitas hingga 30 ribu penonton. Renovasi pertama dilakukan ketika persiapan menyambut Asian Games 2018.

Lalu, stadion termasuk area Wibawa Mukti lainnya kembali mendapat perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas. Ini dilakukan sejak 2020 setelah mulai sering menjadi lokasi berbagai kompetisi olahraga.

Di antaranya seperti penataan sarana olahraga hingga pada bagian stadion itu sendiri. Contohnya, kursi penonton yang sekarang dilengkapi penambahan fasilitas pada lokasi istirahat atlet sepak bola sesuai standar FIFA.

Venue Liga Indonesia

Dengan kembali berjalannya kompetisi resmi dengan format liga setelah vakum akibat pandemi Covid-19, Wibawa Mukti terpilih untuk jadi salah satu venue.

Pelaksanaan liga tentu masih berada di bawah protokol kesehatan yang ketat sehingga hanya beberapa stadion saja yang bisa menyelenggarakan pertandingan sepak bola.

Dengan lokasinya yang mudah diakses dan menjadi lokasi netral agar tak mengundang penonton, secara otomatis beberapa pertandingan dilakukan di Stadion Wibawa Mukti.

Agenda pertama yaitu menjadi lokasi dua pertandingan Liga 1 musim 2021/2022 di bulan September 2021 lalu.

Pertandingan yang dimaksud adalah laga antara Persela Lamongan vs PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya vs Borneo FC Samarinda.

Tak hanya melalui protokol kesehatan, pertandingan juga dijaga ketat oleh pihak keamanan termasuk hadirnya anggota Kepolisian.

Babak 8 Besar Liga 2 Musim 2021/2022 dan Uji Coba Penonton

Sumber: commons.wikimedia.org

Tak hanya menggelar pertandingan di Liga 1, berdasarkan berita terbaru, PT.LIB menunjuk Stadion Wibawa Mukti bersama Stadion Pakansari untuk menjadi lokasi lanjutan babak 8 besar Liga 2 yang akan berlangsung di pertengahan Desember 2021.

Babak 8 Besar Liga 2 ini menjadi spesial karena untuk pertama kali pertandingan boleh disaksikan langsung oleh suporter. Namun, wacana ini masih merupakan uji coba dengan berbagai aturan yang ketat.

Lanjutan Liga 2 ini akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 21 Desember dan klub yang lolos dibagi menjadi dua grup.

Setiap grup diisi oleh 4 klub yang lolos. Di antaranya adalah:

  • PSMS Medan
  • Sulut United
  • Dewa United
  • PSIM Yogyakarta
  • Sriwijaya FC
  • Persis Solo
  • Rans Cilegon FC
  • Persiba Balikpapan

Kita harap saja uji coba penonton di Liga 2 tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses, ya. Semoga Indonesia bisa menjalankan pertandingan dengan normal dan stadion kembali dipenuhi suporter, Pro.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.