10 Stadion Terbesar di Indonesia, SUGBK Masih Jadi No.1

Pro, tahukah kamu dimana saja letak stadion-stadion terbesar di Indonesia berada? Meski Liga Indonesia sedang berlangsung, tak semua klub menggunakan stadion yang masuk dalam daftar ini.

Maka tak heran jika tak semua orang mengenal deretan stadion berikut. Padahal, beberapa stadion di bawah memiliki kapasitas besar beserta fasilitas yang sudah tergolong mewah.

Mau tau mana apa saja stadion terbesar di Indonesia? Simak urutannya di bawah ini.

10. Stadion Utama Riau

Main_Stadion_Riau-terbesar-di-indonesia
https://commons.wikimedia.org/

Stadion Utama berlokasi di Pekanbaru, Riau dan selesai dibangun pada tahun 2012. Saat awal pembukaannya, stadion berkapasitas 35.000 – 43.000 ini sangat lah megah hingga menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan PON XVIII.

Sayangnya, meski akan kembali rutin menjadi kandang PSPS Pekanbaru, kondisi stadion kurang mendapat perhatian dan cukup memprihatinkan.

9. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

https://commons.wikimedia.org/

Dari namanya saja mungkin Pro sudah tau dimana lokasi stadion sepak bola satu ini berada. Yup, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tepatnya berada di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Stadion ini menempati peringkat sepuluh karena memiliki kapasitas 40.000 kursi penonton. Sejak diresmikan pada 09 Mei 2013, GBLA beberapa kali menjadi kandang dari klub sepak bola asal Bandung, yaitu Persib.

GBLA memiliki fasilitas yang cukup lengkap hingga mengantongi standar internasional.

8. Stadion Harapan Bangsa

Stadion Harapan Bangsa juga dikenal dengan Stadion Lhong Raya. Stadion ini berlokasi di ujung timur Indonesia, yaitu Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam.

Stadion ini merupakan markas atau kandang klub Persiraja Banda Aceh. Stadion ini menempati posisi sembilan karena memiliki kapasitas kurang lebih 45.000 penonton.

Bangunan kebanggaan Tanah Rencong ini resmi selesai sejak tahun 1997. Lalu, di tahun 2004, stadion mengalami renovasi akibat bencana gempa bumi dengan bantuan dana dari FIFA.

Sayangnya, Stadion Harapan Bangsa kurang begitu mendapat perhatian sehingga kehilangan julukan sebagai stadion terbesar di Indonesia dan termegah yang didapat di tahun 2000. Renovasi kemudian kembali dilakukan pada 2017 silam dalam persiapan laga Internasional World Aceh Solidarity Cup yang diikuti oleh beberapa negara dikawasan Asia.

7. Stadion Si Jalak Harupat

https://commons.wikimedia.org/

Stadion ini kembali berada di tanah Jawa Barat, tepatnya di Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat sendiri diambil dari julukan pahlawan nasional Otto Iskandardinata yang berasal dari Bojongsoang, Bandung.

Stadion milik Persikab Kab. Bandung ini memiliki kapasitas yang dapat menampung 40-45.000 penonton. Meski merupakan kandang Persikab, Stadion Si Jalak Harupat seringkali dipakai oleh saudara satu rumpun mereka, Persib Bandung.

6. Stadion Gelora Sriwijaya

https://commons.wikimedia.org/

Stadion Gelora Sriwijaya memiliki kapasitas yang mampu menampung hingga kurang lebih 45.000 penonton. Stadion sepak bola yang dikenal juga dengan Stadion Jakabaring ini merupakan yang terbesar di pulau Sumatera dan jadi kandang klub asal Palembang, Sriwijaya FC.

Selain digunakan untuk sepak bola, Stadion yang berdiri sejak 2004 ini pernah menjadi lokasi perhelatan PON XVI dan upacara pembukaan serta penutupan Sea Games 2011.

5. Stadion Batakan

https://commons.wikimedia.org/

Di urutan 5 stadion terbesar di Indonesia adalah kandang dari klub Persiba Balikpapan karena memiliki kapasitas hingga 45 ribu penonton. Stadion Batakan rampung lalu diresmikan di tahun 2017 dan banyak yang mengatakan memiliki desain mirip Emirates Stadium, kandang Arsenal.

Tak hanya desainnya saja yang mirip, stadion ini juga memiliki standar internasional seperti halnya stadion-stadion terbesar di Indonesia yang lain.

4. Stadion Jatidiri

Selanjutnya ada Stadion Jatidiri Semarang. Lebih tepatnya, stadion yang mampu menampung sampai 45.000 orang ini berlokasi di daerah Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, bagian selatan Kota Semarang.

Stadion Jatidiri secara rutin menjadi kandang dari klub sepak bola PSIS Semarang. Sejak didirikan tahun 1991, stadion ini baru mengalami satu kali renovasi yaitu di tahun 2016.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

stadion-gelora-bung-tomo-terbesar-di-indonesia
https://commons.wikimedia.org/

Bonek mania mana suaranya? Yup, Stadion Gelora Bung Tomo merupakan markas dari salah satu klub besar di Indonesia, yaitu Persebaya Surabaya.

Stadion ini awalnya memiliki kapasitas hingga 55 ribu penonton. Akan tetapi, setelah renovasi tahun 2019 dalam persiapan menyambut Piala Dunia U-20, kapasitas menurun menjadi 45 ribu lebih sedikit karena pemasangan kursi.

Berdiri sejak Agustus 2010, Stadion GBT seketika menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia hingga sekarang.

2. Stadion Palaran

Stadion_Utama_Palaran_Kaltim-stadion terbesar di indonesia
https://commons.wikimedia.org/

Menempati posisi runner-up adalah stadion yang berlokasi di Samarinda. Stadion Palaran memiliki kapasitas lebih dari 65 ribu penonton dengan berbagai fasilitas megah di dalamnya.

Stadion ini telah berdiri sejak tahun 2008 dan menjadi lokasi PON XVII serta pernah ditunjuk PSSI untuk menggelar babak 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2008 juga.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

https://commons.wikimedia.org/

Belum ada stadion yang mampu menggeser Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dari peringkat satu stadion terbesar di Indonesia. Jika melihat lokasi dan fungsinya, sudah sewajarnya stadion ini menjadi yang terbesar.

Berlokasi di DKI Jakarta, SUGBK memiliki kapasitas kurang lebih 77 ribu penonton. Stadion ini sering menjadi panggung ketika timnas sepak bola Indonesia menjamu lawannya di ajang pertandingan internasional.

Pro, mana saja dari sepuluh stadion terbesar di Indonesia di atas yang pernah kamu kunjungi?

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x