10 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas

Mungkin belum ada olahraga lain yang punya deretan stadion terbesar di dunia selain sepak bola.

Stadion sepak bola butuh kapasitas yang besar terutama jika merupakan kandang dari klub-klub top dunia apalagi jika ada di pertandingan spesial, misalnya final Liga Champions.

Sebuah stadion juga sekarang ini bersifat multifungsi, atau bisa digunakan berdasarkan kebutuhan. Maka tak heran jika hampir setiap negara sekarang ini setidaknya memiliki satu stadion megah kebanggannya masing-masing.

Lalu, mana saja stadion sepak bola terbesar di dunia yang berdasarkan kapasitasnya? Berikut daftarnya.

Daftar Stadion Terbesar Di Dunia

Sulit untuk menyangkal jika sepak bola merupakan olahraga dengan fans terbanyak di dunia. Rata-rata, setiap pertandingan sepak bola setidaknya mengundang puluhan hingga ratusan ribu penonton.

Langsung saja, berikut deretan stadion terbesar di dunia.

1. Stadion Rungrado First of May

Sumber: commons.wikimedia.org

Pernah dengar nama stadion ini, Pro? Jika belum, tak perlu khawatir.

Faktanya, stadion sepak bola terbesar di dunia nomor satu berdasarkan kapasitas ternyata berada di Pyongyang, Korea Utara.

Negara yang jarang terlibat di berbagai event olahraga level internasional ini memiliki stadion megah nan luas bernama Rungrado First of May atau dikenal juga dengan stadion Rungrado May Day.

Kapasitas: 114.000 – 150.000

Korea Utara sendiri yang mengklaim jika stadion kebanggaan mereka ini memiliki kapasitas 150 ribu penonton. Benar atau tidaknya masih jadi pertanyaan.

Akan tetapi, kapasitas stadion yang diresmikan tahun 1989 ini diperkirakan mencapai kurang lebih 114 ribu dan masih membuatnya menjadi stadion terbesar di dunia.

2. Stadion AT&T

stadion terbesar di dunia
Sumber: commons.wikimedia.org

Stadion kedua berasal dari daratan Amerika Serikat, tepatnya di Arlington, Texas. Stadion AT&T sebenarnya lebih dikenal sebagai rumah bagi tim American Football, Dallas Cowboys.

Namun, stadion ini dapat beralih fungsi untuk menjadi lapangan sepak bola dengan kapasitas yang luar biasa besar.

Kapasitas: 105,000

Stadion AT&T ini juga memegang gelar sebagai stadion dengan dome (kubah atau atap) terbesar di dunia.

Tak hanya itu, atapnya tersebut dapat dibuka-tutup, serta terdapat layar yang menggantung di tengah lapangan dengan ukuran terbesar di dunia juga.

3. Melbourne Cricket Ground

Sumber: commons.wikimedia.org

Dari namanya saja, Pro mungkin sudah bisa menyimpulkan dua informasi sekaligus. Yup, stadion ini berada di Melbourne, Australia dan digunakan untuk menggelar olahraga kriket.

Memang awalnya stadion ini dibangun khusus untuk kriket pada tahun 1853. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu stadion ini juga menjadi multifungsi, termasuk menggelar pertandingan sepak bola.

Kapasitas:  100,024

Salah satu pertandingan sepak bola resmi tersebut adalah ajang Kualifikasi Piala Dunia antara Australia vs Iran.

Lalu, klub papan atas Eropa seperti Juventus dan Manchester United juga pernah mencoba lapangan ini ketika melakukan tur atau pertandingan pra-musim.

4. Stadion Camp Nou

Stadion Camp Nou: Markas Besar FC Barcelona yang Penuh Sejarah
Stadion Camp Nou

Di antara stadion-stadion sebelumnya, mungkin Camp Nou jadi yang paling familiar di telinga. Yup, stadion ini digunakan oleh salah satu klub raksasa Spanyol, FC Barcelona, ketika menjadi tuan rumah.

Stadion yang telah berdiri sejak 1957 ini mendapat beberapa kali renovasi bahkan hingga sekarang.

Kapasitas:  99,354

Dengan kapasitasnya yang hampir menyentuh 100 ribu penonton, Camp Nou menempati peringkat empat dan jadi salah satu stadion terbesar yang ada di dunia.

5. Stadion FNB

Sumber: commons.wikimedia.org

Masih ingat lagu “Waka-waka” dari Shakira? Yup, lagu tersebut melambung tinggi saat Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Nah, bersamaan dengan itu, Afrika Selatan juga berkesempatan untuk memperkenalkan kepada dunia sebuah stadion megah nan besar bernama FNB (First National Bank Stadium).

Kapasitas: 94,736

Dengan kapasitas tersebut, stadion yang berada di kota Johannesburg ini seketika menjadi salah satu stadion terbesar di dunia.

6. Stadion Rose Bowl

Stadion terbesar di dunia
Sumber: commons.wikimedia.org

Di posisi enam kembali diisi oleh stadion yang lebih dikenal untuk perhelatan American Football dibandingkan sepak bola. Stadion Rose Bowl berlokasi di Pasadena, California dan rumah bagi klub UCLA Bruins.

Kapasitas: 92,542

Meski begitu, Rose Bowl menjadi familiar untuk para pecinta sepak bola karena pernah menjadi lokasi laga final Piala Dunia sebanyak dua kali.

7. Stadion Wembley

Wembley Stadium: Sejarah, Kapasitas, Sepak Bola, Hingga Konser Musik
Wembley Stadium

Sejak selesai mengalami restorasi, Stadion Wembley langsung menjadi salah satu stadion terbesar di dunia di tahun 2007.

Stadion lama yang juga bernama Wembley sebelumnya dirubuhkan agar timnas Inggris punya kandang yang lebih mewah.

Kapasitas: 90,000

Setiap tahunnya, Stadion Wembley rutin menyajikan pertandingan final Piala FA selain digunakan oleh The Three Lions. Stadion yang terletak di London ini kembali menarik perhatian dunia setelah menjadi lokasi final Euro 2020 lalu.

8. Estadio Azteca

stadion sepak bola
Sumber: commons.wikimedia.org

Estadio (Stadion) Azteca terletak di Mexico City, Meksiko yang juga tercatat dalam sejarah menjadi tempat dilaksanakannya dua partai final Piala Dunia 1970 dan 1986.

Tak hanya Piala Dunia, Estadio Azteca juga jadi langganan lokasi netral untuk kompetisi internasional resmi dari FIFA.

Kapasitas: 87,523

Selain kapasitasnya yang sangat mumpuni, salah satu keunikan stadion yang berdiri sejak 1966 ini adalah terdapat 856 ruang pribadi (VVIP).

9. Stadion Bukit Jalil National

Stadion terbesar di dunia
Sumber: commons.wikimedia.org

Satu stadion dari Asia Tenggara masuk dalam daftar ini berkat kapasitasnya yang besar. Bukit Jalil National merupakan stadion sepak bola kebanggaan Malaysia yang berlokasi di Kuala Lumpur.

Kapasitas: 87,411

Dengan kapasitas tersebut, stadion yang rampung sejak tahun 1998 ini juga jadi stadion terbesar di Asia Tenggara.

10. Stadion Borg El Arab

Sumber: commons.wikimedia.org

Stadion di negara asal Mohamed Salah, yaitu Mesir, mengakhiri daftar stadion terbesar di dunia ini.

Dibangun dalam upaya Mesir agar bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010, Stadion Borg El Arab sayangnya belum cukup untuk meyakinkan para petinggi FIFA.

Kapasitas: 86,000

Di sisi lain, stadion yang selesai dibangun tahun 2007 ini terus tegak berdiri hingga sekarang. Selain Borg El Arab, stadion ini  dikenal juga dengan Egyptian Army Stadium atau El Geish Stadium.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.