Stadion Pakansari Bogor: Kapasitas, Fasilitas, dan Standar FIFA

Sejak awal pembangunannya, Stadion Pakansari Bogor memang digadang-gadang menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia dengan standar internasional.

Stadion yang berada di bawah pengawasan Pemerintah Kabupaten Bogor ini langsung menarik perhatian para pecinta sepak bola tanah air setelah resmi dibuka berkat kemegahannya.

Yuk, cari tahu informasi lebih dalam mengenai stadion satu ini, Pro!

Mengenal Lebih Dekat Stadion Pakansari

Stadion Pakansari mulai dibangung tepatnya pada 16 Januari 2012. Menghabiskan dana hampir menyentuh angka 300 miliar rupiah, setelah dua tahun berselang stadion kebanggaan warga Bogor ini resmi dibuka tahun 2014.

Kapasitas Penonton

Sejak awal, semua tribun di Stadion Pakansari Bogor telah memiliki single-seater dengan kapasitas 30 ribu penonton. Secara otomatis, Pakansari langsung memenuhi standar internasional.

Fasilitas

Pembenahan juga terus dilakukan dan salah satunya ketika akan menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas yang diperbaharui berada di area stadion, berupa penambahan tempat berendam di ruang ganti pemain. Serta beberapa hal kecil lainnya.

Selebihnya, Stadion Pakansari telah memenuhi syarat menjadi venue Piala Dunia U-20. Termasuk syarat penunjang lain seperti lapangan latihan dan rumah sakit.

Stadion Pakansari berstatus sebagai stadion multifungsi. Dengan kata lain, stadion ini tak hanya bisa digunakan untuk sepak bola saja.

Terdapat sarana atletik yang mengelilingi arena sepakbola, seperti lintasan lari, arena lempar lembing, dan lompat jauh yang berada di sisi lapangan. Oleh karena itu, Stadion ini juga telah siap menggelar event-event olahraga bertaraf nasional.

Event Olahraga di Stadion Pakansari

Sumber: commons.wikimedia.org

Sejak diresmikan tahun 2014, Stadion Pakansari Bogor telah menjadi venue beberapa event besar. Di skala nasional, Pakansari digunakan sebagai tempat berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

Lalu, Stadion Pakansari juga menjadi salah satu venue untuk menggelar pertandingan cabor (cabang olahraga) sepak bola di Asian Games dan Piala AFC U-19 tahun 2018 silam.

Di sisi lain, Stadion Pakansari secara rutin digunakan untuk menjadi kandang baru dari Persikabo Kabupaten Bogor menggantikan kandang lamanya, Stadion Persikabo.

Liga 2 Musim 2021/2022

Sumber: commons.wikimedia.org

Menurut berita yang dilansir pada Desember 2021, Stadion Pakansari juga ditunjuk sebagai salah satu stadion untuk menggelar babak 8 besar lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia.

Informasi terkini juga mengabarkan bahwa akan dilakukan uji coba penonton untuk pertama kalinya sejak kompetisi sepak bola kembali bergulir tetapi tetap dalam pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

Stadion yang jadi salah satu ikon Bogor ini dijadwalkan akan menggelar beberapa pertandingan Liga 2 mulai dari Rabu, 15 Desember, sampai selesai bersama stadion Wibawa Mukti Bekasi .

Per Kamis 16 Desember 2021, empat klub di Grup X yang terdiri dari Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan, RANS Cilegon FC, dan Persis Solo, dijadwalkan bertanding di Stadion Pakansari.

Menurutmu, akankah percobaan penonton ini akan sukses? Kita lihat saja, semoga semua berjalan sesuai rencana dan para pecinta sepak bola Indonesia bisa kembali menikmati pertandingan secara langsung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.