Stadion Old Trafford – Lebih Dekat Mengenal The Theatre of Dreams

Pro pasti mengenal stadion Old Trafford sebagai kandang dan markas besar salah satu klub terbesar di dunia, Manchester United. Stadion ini pula yang menjadi tempat lahirnya banyak bintang sepak bola ternama, seperti David Beckham, Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, hingga Marcus Rashford.

Kapasitas, Lokasi, dan Sejarah Singkat Stadion Old Trafford

Old Trafford stadion memiliki kapasitas 74,140 kursi penonton. Ini membuat kandang Manchester United ini jadi stadion klub sepak bola terbesar di Britania Raya (terbesar kedua di Inggris karena Wembley Stadium bukan miliki klub) dan terbesar ke-11 di Eropa dalam segi kapasitas.

Stadion Old Trafford tepatnya berlokasi di Sir Matt Busby Way, Old Trafford, Trafford, Greater Manchester, Inggris. Kurang lebih 3.5 km barat daya pusat kota Manchester.

Jauh sebelum berdiri sebagai salah satu stadion termegah di dunia seperti sekarang, Old Trafford memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sempat Hancur Karena Perang

Old Trafford menjadi rumah bagi Manchester United sejak tahun 1910. Namun, mungkin sebagian orang tak tahu jika Manchester United pernah satu kandang dengan Manchester City akibat Old Trafford pernah terkena bom saat Perang Dunia II.

Yup, setelah pecahnya Perang Dunia Kedua, Old Trafford digunakan oleh militer. Meski begitu, pertandingan sepak bola masih berlangsung.

Namun 22 Desember 1940, serangan bom Jerman di Trafford Park berdampak pada rusaknya beberapa bagian stadion Old Trafford. Sepak bola sebenarnya sudah kembali berlangsung di Old Trafford pada 8 Maret 1941. Tetapi Jerman kembali menyerang yang menghancurkan sebagian besar stadion, terutama tribun utama (sekarang Tribun Selatan).

Manchester United mendapat biaya untuk renovasi dan membangun kembali tribun. Selama rekonstruksi stadion, Manchester United menggunakan di Maine Road yang merupakan kandang rival sekota mereka, Manchester City.

Renovasi dan Ekspansi Stadion Old Trafford

Pada tahun 1949, Man United pindah kembali ke Old Trafford yang selesai dibangun kembali, meskipun memiliki kapasitas yang lebih kecil. Namun, perbaikan dan ekspansi bertahap terus dilakukan dalam satu dekade berikutnya, yang memuncak pada renovasi total tribun United Road (Utara) pada 1960-an.

Di tahun 1970 hingga 1980-an, peningkatan bangunan terus dilakukan termasuk peningkatan kapasitas duduk dan peningkatan fasilitas eksekutif. Namun, di saat yang bersamaan, munculnya hooliganisme juga mengakibatkan pemasangan pagar pengaman yang memisahkan tribun dari lapangan.

Pada awal 1990-an, muncul rencana untuk menghilangkan tribun tanpa kursi. Alhasil, Tribun Timur dan Barat menjadi dua tingkat dan secara otomatis kapasitas bertambah menjadi 68.000 kursi.

Pada tahun 2006, stadion Old Trafford mencapai kapasitas 74,140 kursi (kapasitas sekarang) berkat penambahan kursi di tribun atas di kedua sisi di bagian Utara.

Tribun Selatan Old Trafford tetap menjadi satu-satunya tribun yang hanya bertingkat dua karena adanya jalur kereta api yang membentang. Di sisi lain, Manchester United telah menyatakan jika bahwa kemungkinan ekspansi lebih lanhut untuk mencapai kapasitas 95.000 kursi tetap ada, tetapi belum ada kabar terbaru mengenai hal ini.

Tribun “Sir Alex Ferguson”

https://commons.wikimedia.org/

Pada tahun 2011, tribun Utara stadion berganti nama menjadi Sir Alex Ferguson Stand untuk menghormati jasa sang manajer yang telah mengabdi selama 25 tahun di Manchester United.

Sebelumnya, tribun Utara ini dikenal dengan United Road. Tribun ini dapat menampung sekitar 26,000 orang dan jadi yang paling besar di antara empat tribun yang ada.

Di balik tribun Sir Alex Ferguson, terdapat dua fasilitas paling terkenal di stadion Old Trafford, yaitu Red Café (restoran/bar bertema Manchester United), museum dan ruangan berisi koleksi trofi.

Museum Manchester United

museum manchester united di stadion old trafford
https://commons.wikimedia.org/

Sedikit informasi mengenai museum yang pertama kali dibuka di tahun 1986 dan menjadi yang pertama di dunia. Museum ini kemudian berpindah ke tribun Utara (tribun Sir Alex Ferguson) dan mendapat

renovasi di tahun 1998.

Sejak saat itu, jumlah pengunjung terus bertambah dari yang asalnya 192,000 orang di tahun 1998 menjadi 300,000 lebih di tahun 2009.

Selain tribun (stand), penghargaan pada sang manajer juga diberikan dengan pembangunan patung yang tinggi menjulang pada tahun 2012

Tribun “Sir Bobby Charlton”

https://commons.wikimedia.org/

Di sebrang “Sir Alex Ferguson Stand”, terletak “Sir Bobby Charlton Stand” yang merupakan tribun utama dan sebelumnya dikenal dengan tribun Selatan. Meski tak bertingkat, tribun Sir Bobby Charlton Stand ini merupakan letak sebagian besar fasilitas eksklusif. Di bagian depan tribun, terdapat tempat dimana manajer, staff dan para pemain cadangan duduk.

Penamaan tribun ini terjadi pada 03 April 2016, sesaat sebelum kick-off pertandingan antara Manchester United vs Everton dalam lanjutan Premier League. Tribun Selatan hingga sekarang dikenal menjadi “Sir Bobby Charlton Stand” sebagai penghormatan kepada sang legenda Manchester United.

Julukan “The Theatre of Dreams”

Julukan “The Theatre of Dreams” untuk Old Trafford berasal dari salah satu legenda Manchester United, siapa lagi kalau bukan Sir Bobby Charlton. Julukan tersebut berasal dari sebuah buku yang diterbitkan tahun 1987.

Dalam buku yang berjudul ‘Soccer’ ini, sang penulis John Riley menuliskan kutipan dari Bobby Charlton, “This is Manchester United football club, this is the theatre of dreams.”

Perkataan tersebut sepertinya melekat dan terus diingat oleh berbagai pihak terutama para fans. Sejak saat itu lah, Old Trafford dijuluki juga sebagai “The Theatre of Dreams.”

Tuan Rumah Piala Dunia, Euro, dan Liga Champions

final liga champions

Old Trafford adalah salah satu tempat berlangsungnya Piala Dunia 1966 di Inggris. Markas Manchester United ini menggelar tiga pertandingan di babak penyisihan grup. Kala itu, kapasitas stadion mengalami perubahan menjadi sekitar 60.000.

Old Trafford juga terpilih menjadi salah satu stadion di Piala Eropa (Euro) 1996. Oleh karena itu, tribun Utara dibuka pada tahun 1995 sehingga dapat menampung sekitar 56.000 suporter.

Selama Euro 1996, Old Trafford melangsungkan tiga pertandingan grup, perempat final, dan semifinal antara Republik Ceko dan Prancis (0-0).

Old Trafford hanya sekali menjadi lokasi berlangsungnya turnamen antar klub paling bergengsi di Eropa, yaitu Liga Champions. Ini terjadi di tahun 2003 yang mempertemukan AC Milan vs Juventus.

Rugby, Konser dan Acara Besar Lainnya di Stadion Old Trafford

https://commons.wikimedia.org/

Selain sepak bola, Old Trafford juga digunakan sebagai stadion untuk olahraga Rugbi. Dalam beberapa kesempatan, “The Theatre of Dreams” digunakan untuk menggelar final kompetisi profesional olahraga ini.

Tak hanya olahraga, kemegahan Old Trafford juga pernah menjadi lokasi pentas para musisi dunia seperti Bon Jovi, Bruce Springsteen, dan Rod Stewart.

Pro, apakah kamu punya cita-cita untuk main ke stadion Old Trafford? Atau bahkan pernah berkunjung ke sana?

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x