Stadion Manahan Solo: Semakin Megah dengan Standar Internasional

Mari kita kesampingkan kapasitas dan mengapresiasi betapa megahnya Stadion Manahan Solo. Meski hanya mampu menampung 20 ribu-an penonton, kualitas, fasilitas, serta standar stadion satu ini sudah memenuhi level internasional, lho.

Cari tahu ada apa aja di stadion yang sudah berdiri sejak 23 tahun lalu ini, yuk!

Lebih Dekat Mengenal Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan tepatnya berlokasi Jalan Adi Sucipto, Manahan, Surakarta, Jawa Tengah. Stadion ini tepatnya dibangun pada tahun 1989 di atas area seluas 170 ribu meter persegi.

Manahan diresmikan oleh presiden Indonesia ke-2, yaitu Suharto. Sejak itu, berbagai ajang olahraga nasional hingga internasional menggunakan stadion ini sebagai tempat berkompetisi.

Event Olahraga di Stadion Manahan

Sumber: commons.wikimedia.org

Setahun setelah peresmian, Stadion Manahan dipilih menjadi lokasi gelaran puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XVI.

Karena sejak awal merupakan stadion dengan lapangan sepak bola yang cukup memadai, Stadion Manahan Solo mulai menggelar pertandingan sepak bola memasuki era 2000-an.

Hal ini karena klub Pelita Jaya menggunakan Stadion Manahan sebagai kandang mereka sampai-sampai mengganti nama menjadi Pelita Solo. Klub tersebut menggunakan stadion selama periode dua tahun (2000-2002).

Lalu kemudian Persijatim menjadi klub berikutnya yang menggunakan Stadion Manahan sebagai kandang di ajang Liga Indonesia . Klub ini juga mengalami pergantian nama menjadi Persijatim Solo FC mulai 2003 hingga 2006.

Pada akhirnya, Persis Solo resmi memakai Manahan sebagai kandang ketika berlaga di pentas Divisi Satu Liga Indonesia sejak tahun 2006 hingga sekarang.

Di tahun 2021, Persis Solo berkompetisi di Liga 2 dan masih menggunakan Manahan saat bermain sebagai tuan rumah.

Stadion Manahan Solo juga merupakan lokasi pertama di Indonesia yang melangsungkan ajang olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara, yaitu ASEAN Para Games 2011.

Fasilitas, Renovasi, dan Piala Dunia U-20

Berikut beberapa fasilitas yang membuat Stadion Manahan Solo setelah mendapat renovasi selama satu tahun di 2018.

Renovasi yang memakan waktu sekitar 300 miliar rupiah ini merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut Piala Dunia U-20.

1. Atap Mengelilingi Semua Tribun

Sumber: commons.wikimedia.org

Perubahan pertama yang paling kentara adalah hadirnya atap yang sekarang mengelilingi stadion seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sebelumnya, tribun tertutup hanya ada di bagian barat saja.

Desain luar stadion juga semakin menarik mata para pelancong dan jadi tempat untuk foto-foto. Dengan kombinasi aksen merah, terlihat Stadion Manahan Solo memiliki gaya terkini.

2. Kursi Tunggal (Single Seat)

Sumber: pixabay.com

Seperti halnya stadion-stadion tua di Indonesia, kursi penonton tunggal biasanya hanya terdapat di bagian barat serta VIP. Ini juga yang memungkinkan Manahan untuk menampung hingga 26 ribu pasang mata penonton.

Namun sekarang ini, semua tribun sudah menggunakan kursi tunggal. Hanya saja, ini berdampak kepada pengurangan jumlah kapasitas yang menurun hingga 5 ribu orang, atau sebanyak 20.003 tempat duduk, disertai nomor kursi masing-masing.

3. Papan Skor Modern

Papan skor digital sebenarnya sudah ada sejak awal. Tetapi hanya terdapat di sisi utara saja dan jarang digunakan.

Setelah renovasi, terdapat penambahan videotron di dua sisi (utara dan selatan) yang semakin melengkapi kemegahan Stadion Manahan Solo. Selain menunjukan skor, layar digital tersebut juga dapat menampilkan video tayangan ulang dan sebagainya.

4. Lampu Stadion

Empat tower lampu yang berkekuatan sekitar 800 lux sebelumnya dihilangkan dan diganti dengan yang jauh lebih modern yaitu dengan menggunakan lampu LED terbaru.

Lampu tersebut terpasang di sepanjang atap sisi barat dan timur stadion dengan kekuatan 1.500 lux. Bahkan, berita terbaru menyatakan akan ditingkatkan menjadi 2.500 lux. 

5. Ruang Ganti

Empat ruang ganti di Stadion Manahan Solo semakin mewah dengan ruang mandi, ruang pijat pemain hingga juga fasilitas kolam jacuzzi di setiap ruangan.

Itu lah dia informasi seputar Stadion Manahan Solo, Pro. Mau tahu informasi mengenai stadion lainnya? Klik saja di sini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.