Mengenal Stadion Jatidiri Semarang: Kandang PSIS Sejak 1991

Stadion Jatidiri menjadi markas bagi PSIS Semarang dalam mengarungi berbagai pertandingan di kompetisi BRI Liga 1 musim 2021/22. Termasuk dalam salah satu klub tertua di Indonesia, Mahesa Jenar (julukan PSIS) telah menggunakan stadion satu ini sejak awal didirikan.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia, Jatidiri seharusnya sudah tak asing lagi di telinga terutama bagi warga Jateng. Meski begitu, tahukah kamu kapan stadion ini diresmikan dan berapa kapasitasnya?

Dimana Lokasi dan Kapan Stadion Jatidiri Berdiri?

Sumber: bola.com

Selain terkenal karena lumpia dan bandeng presto, Stadion Jatidiri juga sejak diresmikan menjadi salah satu daya tarik Semarang, terutama bagi para pecinta bola. Jatidiri telah berdiri dan dibuka sejak tahun 1991 pada era pemerintahan Gubernur Muhammad Ismail.

Lebih tepatnya, stadion ini terletak di bagian selatan Kota Semarang, tepatnya daerah Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Jawa Tengah.

Selain sebuah stadion, dalam satu kompleks ini juga terdapat GOR (Gedung Olah Raga), kolam renang, dan sarana olahraga lainnya.

Berapa Kapasitas dan Siapa Pemilik Stadion Jatidiri?

psis semarang
Sumber: psis.co.id

Di atas kertas, Stadion Jatidiri dapat menampung sebanyak 45 ribu kursi yang membuatnya menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia. Lalu, hak kepemilikan berada di bawah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Di sisi lain, PSIS merupakan badan pengurus stadion juga sehingga wajar jika Mahesa Jenar bisa dengan leluasa menggunakan stadion ini sebagai kandang mereka. Berbeda dengan beberapa klub lain yang masih harus menyewa meski stadion terletak di kota klub berasal.

Proses Renovasi

Sumber: beritasatu.com

Pada tahun 2016, Stadion Jatidiri mendapat renovasi yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Gubernur Ganjar Pranowo.

Proses renovasi terdiri dari drainase dan lapangannya, tribune, atap, dan fasilitas penunjang lainnya.

Tentu tujuan utamanya adalah agar Jatidiri memiliki standar internasional. Tak hanya itu, renovasi juga termasuk GOR, kolam renang, wisma Atlet, dan berbagai bangunan pendukung lainnya.

Pengerjaan pembaharuan atau renovasi memakan waktu sekitar 4-5 tahun. Diperkirakan pembangunan berbagai renovasi tahap akhir menghabiskan dana sebesar 500 Miliar Rupiah.

Renovasi sempat terhambat akibat pandemi Covid-19 yang bahkan masih belum sepenuhnya mereda hingga sekarang. Target awal renovasi untuk selesai adalah akhir tahun 2020.

Berdasarkan beberapa berita dari artikel terkini di bulan Desember 2021, Semarang, Stadion Jatidiri kembali melanjutkan proses renovasi dan seharusnya bisa selesai di tahun 2021 ini.

Pro, ingin cari tahu informasi seputar stadion dan sepak bola lainnya? Kunjungi website MPL Indonesia!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x