Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api): Megah Tapi Tak Terpelihara

Mimpi penduduk Jawa Barat, terutama Bandung dan sekitarnya, akhirnya terwujud setelah Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api) selesai diresmikan di tahun 2013.

Para pecinta salah satu klub raksasa Indonesia, Persib Bandung, atau yang akrab disapa Bobotoh pun turut bersuka cita. Wajar saja stadion ini langsung masuk dalam deretan stadion terbesar di Indonesia.

Ekspektasi mengenai sebuah stadion mewah nan megah memang sudah terpenuhi. Akan tetapi, ternyata Stadion GBLA tak serta merta menjadi kandang bagi Maung Bandung.

Apa yang menyebabkan hal ini? Yuk, lebih mengenal salah satu stadion terbesar di Indonesia ini, Pro!

Luas, Kapasitas dan Fasilitas Stadion GBLA

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) berlokasi di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Pembangunan dimulai pada tahun 2009 dan membutuhkan waktu empat tahun untuk selesai.

Waktu empat tahun tersebut berbuah manis dengan stadion yang mampu menampung penonton hingga 38 ribu orang.

Tak hanya itu, desain Stadion GBLA menganut standar internasional bak stadion-stadion lain di dunia. Untuk lapangannya sendiri dilengkapi rumput jenis Zoysia matrella (Linn) Merr yang masuk dalam standar FIFA.

Mengelilingi lapangan terdapat trek olahraga atletik. Lalu terdapat juga ruangan kantor, layar besar, dan memiliki kursi yang tahan api.

Secara keseluruhan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api memiliki empat tingkatan yang berdiri di atas lahan seluas 72 ribu meter persegi. Jika dihitung bersama semua fasilitas pendukung, misalnya lahan parkir, area GBLA memiliki luas hingga 40 hektare.

Cerita Dibalik Penamaan Stadion

Awalnya, GBLA menggunakan nama daerah letak stadion ini berada, yaitu Stadion Gedebage. Alasannya sangat sederhana, agar mudah untuk diingat.

Pada akhirnya, Pemerintah Kota (PEMKOT) memutuskan untuk melakukan pemungutan suara demi menentukan nama yang tepat. Hasilnya apa lagi kalau bukan Gelora Bandung Lautan Api dan segera disepakati berbagai kalangan serta ditetapkan juga dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

Konflik Kepengurusan dan Kondisi Stadion GBLA

Sumber: commons.wikimedia.org

Melihat berbagai berita terkini di 2021, Stadion Gelora Bandung Lautan Api berada dalam kondisi yang memprihatinkan.

Meski sempat menjadi lokasi pembukaan PON 2016 dan beberapa kali digunakan oleh Persib serta pertandingan-pertandingan resmi lainnya, pihak pengurus ternyata tak becus untuk menjaga kemegahan stadion ini.

Bahkan santer terdengar stadion kemungkinan akan roboh jika diisi full oleh penonton. Berbagai foto yang beredar di sosial media pun dapat digunakan sebagai bukti bahwa Stadion Gelora Bandung Lautan Api berada dalam kondisi naas.

Hingga sekarang, status Stadion GBLA masih belum jelas. Sebenarnya, sudah ada niatan baik dari pihak Persib Bandung yang bersedia untuk mengambil alih kepengurusan stadion dan menyediakan dana sebesar 400 miliar rupiah.

Sayangnya, izin dari pemkot belum juga menemukan titik terang. Kita harap saja, Stadion GBLA dibangun bukan hanya untuk tujuan politik. Warga sekitar pun akan ikut menikmati manfaatnya jika kawasan stadion terjaga.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.