Stadion Batakan Balikpapan: Megah Mirip Emirates Stadium Tapi Tak Lolos Standar FIFA

Stadion megah dan mewah tak hanya tersebar di pulau Jawa saja melainkan juga ada di Kalimantan dan salah satunya adalah Stadion Batakan, Pro.

Stadion Batakan Balikpapan jadi satu di antara tiga stadion megah bersama Stadion Palaran, Samarinda dan Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Kapasitas Stadion Batakan sendiri mencapai 46 ribu penonton dan menjadi salah satu stadion terbesar yang ada di Indonesia.

Kapan Stadion Batakan Berdiri dan Siapa Pemiliknya?

batakan
Sumber: wikimedia.org

Pembangunan stadion ini dimulai pada tahun 2011. Lalu enam tahun berselang Stadion ini rampung dengan menghabiskan biaya sekitar 1.4 Triliun Rupiah dan mulai mengadakan pertandingan sepak bola.

Stadion kebanggan warga Kalimantan Timur ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kota Balikpapan dan sering digunakan oleh klub Persiba Balikpapan ketika bertanding sebagai tuan rumah.

Meski begitu, pihak klub tetap merupakan penyewa lapangan dan bukan pemilik. Sama halnya seperti Stadion Gelora Bung Karno oleh Persija Jakarta atau Stadion Gelora Bandung Lautan Api oleh Persib Bandung.

Lokasi, Kelebihan, & Kekurangan Stadion Batakan

Lebih tepatnya, Stadion Batakan berlokasi di Jalan Mulawarman, Manggar, Balikpapan Timur, Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bisa terlihat dari judul, Stadion Batakan memang banyak yang bilang memiliki desain keseluruhan bak stadion-stadion di Eropa sana.

Terlebih lagi, stadion ini tak memiliki lintasan trek lari yang mengelilingi lapangan.

Dengan kata lain, Batakan memang khusus diperuntukan untuk pertandingan sepak bola seperti kebanyakan stadion klub-klub besar dunia.

Jika mengulas soal akses, hal ini ternyata menjadi salah satu faktor penyebab Batakan tak memenuhi standar internasional. Meski memang tak hanya ini yang menjadi kekurangan stadion ini.

Tempat parkir juga menjadi kendala apabila stadion ini menjadi tempat dilaksanakannya laga bergengsi. Penonton bisa jadi akan mengalami kendala bahkan sejak sebelum turun dari kendaraan masing-masing.

Liga Indonesia Baru (LIB) menilai Batakan bahkan belum lolos verifikasi untuk bisa menyelenggarakan pertandingan Liga 1 Indonesia.

Jadi Tempat Berlangsung Putaran Kedua Grup D Liga 2 Musim 2021/22

Sumber: commons.wikimedia.org

Informasi per Oktober 2021 memberitakan jika Batakan ditunjuk menjadi tuan rumah Persiba Balikpapan sekaligus beberapa pertandingan lain di babak kedua Grup D Liga 2 Indonesia.

Meski mungkin terkendala akses dan fasilitas, kondisi pandemi Covid-19 membuat Stadion Batakan tak perlu menampung penonton dengan kapasitas penuh.

Jumlah orang yang hadir di stadion pada saat laga kala itu adalah hanya sekitar 299 orang, terdiri dari hanya pihak panitia, keamanan, tim medis, media peliput, juga termasuk dua tim yang bertanding di dalamnya.

Lalu, setiap orang yang terkait juga perlu menunjukan bukti telah mendapat vaksin serta tetap menjalani swab antigen sebelum masuk stadion.

Baca juga informasi seputar stadion-stadion di Indonesia lainnya di sini, Pro.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x