Publisher Theme
I’m a gamer, always have been.

Sejarah NBA dan Siapa Dibalik Penciptaannya

0 214

NBA merupakan sebuah kompetisi bola basket profesional yang berdiri di Amerika Serikat. Meskipun pasti Pro sudah kenal dekat dengan NBA, apakah kamu juga sudah mengetahui sejarah NBA itu sendiri?

Dimana National Basketball Association (NBA) berdiri? Kapan kompetisi tersebut dimulai? Dan apa sejarah yang ada di balik NBA logo yang sudah ikonik tersebut?

Penasaran, kan? Nah, untuk penjelasan lengkapnya, Pro bisa baca langsung di sini!

Sejarah Singkat Mengenai NBA

NBA logo
Photo from Pinterest

Untuk pemanasan, mari kita bahas mengenai sejarah singkat bola basket dahulu, setuju?

Pada 1946 di Kota New York, tepatnya di bulan Juni, organisasi Basketball Association of America (BAA) pertama kali didirikan. Pendiri organisasi itu adalah Walter Brown, pemilik stadion Boston Garden yang pada saat itu menjadi rumah dari tim ice hockey Boston Bruins.

Tiga tahun berselang, BAA kemudian resmi bergabung dengan NBL (National Basketball League) pada 1949. Penggabungan atau merger ini kemudian melahirkan induk organisasi bola basket yang kita kenal dengan NBA.

Cukup singkat ya, waktu dari terbentuknya BAA dan penggabungannya dengan NBL hingga melahirkan NBA? Kisah itu memang singkat, tapi ada banyak hal menarik dibalik semua sejarah itu.

Salah satunya agak janggal mungkin, untuk apa pemilik rumah dari klub hockey besar seperti Boston Bruins, memikirkan basket? Bahkan, ia sampai mendirikan sebuah asosiasi untuk basket yang jelas berbeda dengan hockey.

Sejarah Asal Mula NBA dan Perkembanganya sampai Saat Ini

Untuk membahas sejarahnya dengan detail, mari kita awali dengan kenapa Walter Brown sampai berpikiran tentang basket. Jawabannya adalah karena ia melihat lapangan hockey miliknya yang kosong setiap malam.

Kemudian, terlintas bahwa lapangan yang kosong pada malam hari tersebut bisa untuk bermain basket. Berangkat dari sana, kemudian ia menggagas BAA yang sukses besar meski hanya 11 tim yang ikut serta di musim perdananya.

Kesuksesan BAA ini bahkan mengalahkan NBL yang menjadi pesaingnya pada kala itu. Atas dasar hal ini, kemudian kedua organisasi membuat kesepakatan untuk merger

Tahun-Tahun Awal Merger BAA dan NBL Menjadi NBA

Penggabungan keduanya yang terjadi pada 1949 menghasilkan cukup banyak tim yang antusias bergabung. Total ada 17 tim yang bertanding penuh, meskipun sayangnya, situasi ini tidak bertahan lama.

Enam tahun berselang, karena masalah keuangan dan lain-lain, sisa tim yang ikut andil di NBA tinggal 8 tim saja. Penurunan ini tentunya menjadi masalah yang besar bagi NBA yang terhitung baru.

Untungnya, pemilik Fort Wayne Pistons yaitu Frank Zollner mampu menyokong dana dan membuat NBA tetap berjalan. Berkat sokongan dana dari Zollner, NBA perlahan mengalami kemajuan baik dari segi finansial dan tim yang bergabung.

Puncaknya, bisa Pro lihat saat ini dengan adanya 30 tim yang berpartisipasi di NBA. Selain itu, popularitas NBA saat ini juga sudah tidak terbatas di Amerika Serikat saja, tapi sampai ke seluruh penjuru dunia.

Sejarah Pergantian Peraturan Permainan yang Berlaku di NBA

Sepanjang NBA berdiri, terdapat beberapa kali pergantian peraturan permainan yang digunaka, yaitu pada tahun:

  • 1948-1960
  • 1960-1972 
  • 1973-1990
  • 1990-2000
  • 2000-2010
  • 2010-terbaru

Total hingga saat ini sementara sudah terjadi 6 kali pergantian sejak kompetisi NBA resmi terselenggara. 

Pergantian Peraturan Permainan NBA Dulu hingga Sekarang

Periode pertama jatuh pada periode 1948-1960, di masa-masa awal kelahiran NBA sampai tahun 1960-an. Setelah itu, hampir setiap 10 tahun atau lebih terdapat revisi besar mengenai peraturan yang berlaku.

Peraturan 1948-1960

Pada rentang tahun ini, terdapat beberapa tambahan peraturan dari yang sebelumnya belum ada dasarnya, diantaranya :

  • 1952: Jumlah foul maksimal menjadi 5 kali.
  • 1954: Adanya peraturan shot clock dan tim harus menembak dalam waktu 24 detik setelah menguasai bola.
  • 1956: Waktu untuk pelanggaran jadi 30 detik

Peraturan tersebut biasanya dirancang untuk event besar, seperti pada World Championship for Men yang diselenggarakan oleh International Basketball Federation (FIBA).

Aturan Basket 1960-1972 

Pada masa ini ada aturan yang hilang tapi beberapa tahun kemudian terpakai lagi, beberapa aturannya antara lain :

  • 1960: Penghapusan garis tengah dan setiap pelanggaran individu dihadiahi lemparan bebas atau free throw.
  • 1964: Pertama kali rulebook untuk bola basket benar-benar disusun dengan baik dan tertata
  • 1968: Imaginary cylinder sudah tidak terpakai, pemain penyerang dan bertahan boleh mengambil bola yang gagal masuk ring, dan garis tengah digunakan kembali.
  • 1972: Peraturan 3 menit sudah tidak berlaku

Masa 1973-1990

Pada masa ini, NBA banyak mengadopsi peraturan yang masih berlaku sampai sekarang.

  • 1973: Peraturan tentang kontak fisik resmi berlaku
  • 1979: Three-pointer diperkenalkan di NBA dan NBA kembali merevisi peraturan untuk free throw.
  • 1990: Peraturan tentang coach dan pemain yang meninggalkan bench menjadi lebih ketat.

1990-2000

Di periode ini, NBA mengadopsi durasi permainan 2 x 20 menit dan 4 x 12 menit. Sementara, NBA juga semakin merevisi peraturan foul saat pertandingan.

Contohnya, bagaimana agar tim tidak sengaja membuat foul untuk membuang waktu dan sebagainya. 

Rentang 2000-2010

Pada rentang waktu ini, permainan berlangsung dengan ketentuan 4X10 menit. Peraturan tentang pergantian pemain juga semakin diperketat dan tim wajib menurunkan 12 pemain yang ada.

Rules 2010 – Sekarang

DAkibat pandemi Covid-19 di tahun 2020, jumlah pertandingan yang diikuti oleh masing-masing tim NBA turun dari 82 menjadi 72 saja di musim tersebut.

Selain itu, NBA juga memperkenalkan event Play-In Tournament bagi tim yang menduduki peringkat 7-10 di masing-masing Conference. Pemenang Play-In nanti akan mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang Playoffs di akhir musim.

Klub yang Saat ini Bergabung di NBA

tim NBA

Photo from Pinterest

Sebelumnya, konsep Conference pada NBA sudah sempat disinggung sedikit. Untuk Pro yang belum tahu, NBA mengadopsi sistem Conference untuk membagi tim yang ada.

30 tim yang ada di NBA dibagi menjadi Western dan Eastern Conference yang masing-masing terdiri dari 15 tim. Tiap Conference juga terbagi lagi menjadi beberapa divisi yang lebih kecil.

Untuk pembagian tim mana saja yang termasuk Eastern dan Western Conference, Pro bisa cek daftarnya di sini.

Eastern Conference

Sesuai dengan namanya, Eastern Conference terdiri dari tim-tim yang bermarkas di sisi timur Amerika Serikat. Contohnya, ada tim Milwaukee Bucks yang baru saja menjuarai NBA musim 2020/2021.

Selain itu, Toronto Raptors yang berasal dari Kanada juga masuk ke zona Eastern Conference  ini. Berikut adalah 15 NBA tim yang tergabung di zona Eastern Conference:

  1. Boston Celtics 
  2. Brooklyn Nets 
  3. Milwaukee Bucks
  4. New York Knick
  5. Philadelphia 76ers
  6. Toronto Raptors
  7. Charlotte Hornets
  8. Chicago Bulls
  9. Atlanta Hawk
  10. Miami Heat
  11. Indiana Pacers
  12. Cleveland Cavaliers
  13. Orlando Magic
  14. Detroit Pistons
  15. Washington Wizards

Apabila dijumlahkan, jumlah gelar juara yang didapatkan oleh klub pada zona Eastern lebih banyak dari Western Conference. Sampai saat ini, tim dari Eastern Conference sudah mengantongi 38 gelar juara NBA.

Western Conference

Kebalikannya, tim yang tergabung di Western Conference bermarkas di sisi barat Amerika Serikat. Contohnya, ada Los Angeles Lakers yang bermarkas di kota Los Angeles di pesisir barat Amerika Serikat.

Berikut adalah 15 nama tim NBA yang tergabung di zona Western Conference:

  1. LA Clippers
  2. Los Angeles Lakers
  3. Utah Jazz
  4. Dallas Mavericks
  5. Memphis Grizzlies
  6. Portland Trail Blazers
  7. New Orleans Pelicans
  8. Golden State Warriors
  9. San Antonio Spurs
  10. Houston Rockets
  11. Oklahoma City Thunder
  12. Sacramento Kings
  13. Minnesota Timberwolves
  14. Denver Nuggets
  15. Phoenix Suns

Meskipun masih ketinggalan soal gelar juara, tim di Western Conference memiliki reputasi sebagai zona yang lebih sangar. Oleh karena itu, persaingan di zona ini juga dikabarkan lebih sengit. 

Tim Legendaris NBA

Dari 30 tim yang saat ini aktif di NBA, ada beberapa tim yang sudah mencapai status legendaris. Entah karena memiliki gelar juara NBA terbanyak atau karena dulu sempat mendominasi, tim legendaris ini masih disegani oleh pengikut NBA.

Boston Celtics

Semua pecinta bola basket pasti tahu Boston Celtics bukan? Klub yang bermarkas di Boston ini jelas pantas masuk ke daftar tim terbaik NBA sepanjang masa. 

Pada kurun 1959 – 1966, Boston Celtics mampu mendominasi NBA selama berturut-turut, hebat bukan?

Los Angeles Lakers

Ada Boston Celtics tentu harus ada pesaingnya yaitu Los Angeles Lakers, tim dengan logo klub nba bola basket yang sudah ikonik. Di akhir tahun 90-an sampai awal 2000-an, Lakers sempat mendominasi NBA berkat kehadiran duo Kobe Bryant dan Shaquille O’Neal.

Walaupun bukan pemenang di musim lalu, Lakers juga sudah mengoleksi banyak trofi juara. Total kemenangan L.A Lakers dan Boston Celtics saat seimbang, yaitu sama-sama 17. 

Chicago Bulls

Legenda NBA Michael Jordan pernah menjadi bintang dari klub dengan logo tim NBA banteng ini. Sampai saat ini, Chicago Bulls telah berhasil mengumpulkan 6 gelar juara NBA.

Golden State Warriors

Sama seperti Chicago Bulls, Golden State Warriors juga sudah mengumpulkan sebanyak 6 trofi juara NBA. Dari 6 trofi tersebut, 2 trofi berhasil mereka raih secara berurutan, yaitu pada 2017 dan 2018.

Stephen Curry, pemain yang banyak disebut sebagai shooter terbaik di sejarah NBA, saat ini masih bermain untuk Warriors.

San Antonio Spurs

Meskipun gelarnya masih kalah dengan tim di atas, San Antonio Spurs unggul di satu statistik penting. Dengan persentase kemenangan 61% dari musim 1976, Spurs memiliki tingkat kemenangan paling tinggi dari semua tim di NBA.

Saat ini, mereka sudah mengantongi 5 gelar juara NBA dan 6 kali mengakhiri musim sebagai runner-up. Pemain basket ternama seperti Tim Duncan, James Silas, dan Alvin Robertson pernah bermain untuk tim legendaris yang satu ini.

Logo NBA

logo NBA

Photo from Pinterest

Membicarakan seharag NBA belum lengkap tanpa logo kebanggannya. Anda tentu tahu bahwa logo tersebut merupakan siluet bukan? 

Siluet yang menjadi logo NBA mulai dari 1969 tersebut adalah milik pemain Jerry West. Akan tetapi, NBA sebenarnya tidak pernah mengungkapkan hal ini secara gamblang. 

Dari pihak West sendiri sebenarnya juga merasa keberatan, dan West ingin logo itu berubah. Dia menyarankan pemain legendaris lain seperti Kareem Abdul Jabbar sebagai pemain dengan gelar MVP terbanyak atau LeBron James. 

Keinginan tersebut tampaknya hanya keinginan karena NBA belum merubah logonya. Pada 2020 setelah Kobe Bryant berpulang setelah kecelakaan tragis, muncul kembali wacana untuk merubah logo NBA demi mengenang pemain legendaris tersebut.

Lebih dari 3 juta orang menandatangani petisi guna mengganti logo NBA menjadi Kobe Bryant di Change.org. Sayangnya, lagi-lagi NBA berpegang teguh pada keputusan mereka masalah logo.

Jadi logo NBA tetap sama saja, masih menggunakan siluet yang sama dari tahun 1969.

Untuk sekarang ini, tidak akan ada logo baru NBA. Apabila ada perubahan, hanya untuk perayaan tertentu seperti perayaan 75 tahun NBA dan itupun tidak merubah siluet ikonik pada logo.

Sejarah NBA Sampai Saat Ini

Seru sekali ya pembahasan mengenai sejarah NBA dan siapa dibalik penciptanya. Untuk Pro yang sudah gatal ingin bermain basket, kamu bisa menikmati game Basketball di Aplikasi MPL!

Selain Basketball, ada berbagai permainan seru lainnya dengan Berlian Kemenangan sebagai hadiahnya. Nah, Berlian Kemenangan ini nantinya bisa kamu tukar menjadi saldo GoPay dan LinkAja, lho!

Oleh karena itu, coba sekarang juga karena permainan seru dan keuntungan menarik menanti Anda. 

Rasanya pembahasan kali ini sudah cukup, ya? Semoga informasi mengenai sejarah NBA dan siapa dibalik penciptanya seru dan bisa menambah wawasan baru kamu, Pro.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.