Reece James | Profil Pemain, Karir & Kehidupan Pribadi

Selain Thomas Tuchel, kunci sukses Chelsea di Liga Champions musim lalu adalah munculnya para pemain muda berbakat dan salah satunya adalah Reece James. Pemain yang beroperasi di sisi kanan lapangan ini merupakan bukti berhasilnya sistem pembinaan pemain muda The Blues.

Profil Pemain: Reece James

Reece James (tanggal lahir: 08 Desember 1999) lahir di Redbridge, Greater London, Inggris dan sudah menimba ilmu di akademi Chelsea sejak usia enam tahun.

Darah sepak bola Reece James berasal dari sang Ayah yang merupakan pelatih sepak bola. Bahkan, saudari perempuan James juga merupakan pemain sepak bola profesional yang sama-sama bermain untuk Chelsea FC.

Gaya Bermain

Dalam beberapa tahun terakhir, Inggris memang melahirkan deretan pemain dengan masa depan cerah di posisi bek kanan dan salah satunya adalah James. Seperti halnya standar pemain top dunia, senjata utama Reece James adalah kemampuan crossing atau umpannya yang akurat.

Namun, butuh kejelian dalam mencari ruang agar bisa memberikan umpan yang memanjakan penyerang. Ini lah kelebihan Reece James selama bersama The Blues.

Pemain berusia 21 tahun ini juga didukung dengan kecepatan mumpuni. Lalu, untuk seorang pemain mampu memberikan umpan akurat butuh visi atau kemampuan membaca permainan.

Nah, visi yang dimiliki Reece James sepertinya berasal dari pengalamannya beberapa kali bermain sebagai gelandang ketika dipinjamkan ke Wigan yang bermain di Liga Championship.

Perjalanan Karir

Reece James menjadi pemain sepak bola profesional pada Maret 2017. Lalu, menandatangani kontrak pertama dengan durasi empat tahun di tahun 2018 setelah berhasil menjadi juara dan pemain terbaik di FA Youth Cup bersama Chelsea U-18.

Di bulan yang setelah menandatangani kontrak, James dipinjamkan ke Wigan Athletic selama satu musim, tepatnya 2018/2019. Permainan James terus berkembang hingga meraih beberapa pencapaian individu.

Setelah menghabiskan masa peminjamannya, Reece James kembali ke klub asal London dan langsung melakukan debut di tahun 2019. Pemain yang menggunakan nomor punggung 24 di Chelsea ini tak butuh waktu lama untuk melakukan penyesuaian dan langsung mencetak gol pada debutnya.

Pemain Chelsea Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions

Yup, James memegang rekor ini berkat golnya pada pertandingan melawan Ajax pada 05 November 2019. Sayangnya, pertandingan berakhir imbang dengan skor 4-4.

Berkat performanya yang terus meningkat, Chelsea memutuskan untuk mengikat Reece James dengan kontrak jangka panjang di pembukaan tahun 2020 dengan durasi lebih dari lima tahun.

James akhirnya mencatatkan gol pertama bagi klub masa kecilnya ini di Premier League saat menjamu Brighton & Hove Albion di Stamford Bridge.

Pencapaian terbaik James selama membela Chelsea tentunya adalah dengan menjuarai Liga Champions di bulan Mei 2021 silam.

Timnas Inggris

Seperti kebanyakan pemain muda berbakat, talenta Reece sudah tercium sejak muda. Oleh karena itu, Reece James telah membela timnas sepak bola Inggris sejak level U-18.

Hingga pada akhirnya di tahun 2020, pelatih Gareth Southgate memanggil James untuk membela tim senior dan melakukan debut di pertandingan melawan Wales. James juga merupakan bagian dari skuad Inggris di Euro 2020 yang mampu mencapai partai final sebelum kalah dari Italia.

Koleksi Trofi dan Penghargaan Individu Reece James

Di usianya yang masih sangat muda, James telah memperoleh berbagai penghargaan individu. Lebih lengkapnya, berikut detail raihan James

Chelsea U-18

  • Premier League U-18: 2016–17 & 2017–18
  • FA Youth Cup: 2016–17 & 2017–18

Chelsea

  • UEFA Liga Champions: 2020–21
  • UEFA Super Cup: 2021[50]
  • FA Cup runner-up: 2019–20 & 2020–21

Inggris U-20

  • UEFA Euro U-19: 2017

Inggris U-20

  • Turnamen Toulon: 2017

Inggris (Senior)

  • UEFA Euro runner-up: 2020

Individu

  • Chelsea Academy Player of the Year: 2017–18
  • Wigan Athletic Player of the Year: 2018–19
  • Wigan Athletic Player’s Player of the Year: 2018–19
  • Gol Terbaik di Wigan Athletic: 2018–19
  • FA Cup Team of the Year: 2020–21
  • PFA Community Champion Award: 2020–21

Per November 2021, Chelsea jadi kandidat kuat juara Liga Inggris musim 2021/22 bersama Manchester City dan Liverpool. Jika Chelsea bisa terus menunjukan konsistensi, bisa saja musim ini jadi kesempatan James mengangkat trofi Premier League pertamanya.

Pilih Reece James untuk Jadi Bagian Tim MPL Fantasy-mu!

Peluang Reece James untuk ngasih kamu poin di MPL Fantasy Sepak Bola cukup tinggi jika melihat statistiknya. Makanya, selalu lakukan analisa terutama melihat statistik setiap pemain yang akan dipilih sebelum mendaftarkannya di kontes, ya.

Pastikan juga pemain yang akan kamu pilih itu main sejak awal agar kesempatan ngasih poin jadi makin tinggi, Pro!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x