Daftar Kegunaan Ponsel Pintar Di Kehidupan Sehari-Hari

Namanya saja ponsel pintar atau smartphone, pastinya perangkat yang satu ini memiliki kapabilitas yang sesuai dengan predikat pintar tersebut, Pro. Tapi, tidak jarang melihat penggunaan smartphone yang sayangnya masih sangat dibawah kemampuan dari smartphone itu sendiri.

Bayangkan misalnya Pro sudah membeli produk Samsung Galaxy S terbaru dengan harga 10 juta tapi hanya digunakan untuk WhatsApp semata. Kalau smartphone punya perasaan, pasti smartphone tersebut juga sedih kalau ‘kepintarannya’ hanya dipakai untuk kebutuhan sepele, Pro.

Kenapa Disebut Ponsel Pintar atau Smartphone?

Pro yang masih ingat dengan jaman kejayaan ponsel Nokia bahwa smartphone yang ada sekarang beda jauh dengan ponsel Nokia 3310 yang legendaris. Sekarang, ponsel jadul seperti itu disebut dengan istilah feature phone untuk membedakan dengan smartphone.

Lalu, apa sih sebenarnya yang membuat HP jaman sekarang menjadi ponsel pintar? Singkatnya, ponsel pintar atau smartphone adalah ponsel yang memiliki kapabilitas jauh dari sekedar alat komunikasi saja, Pro.

Selain untuk menelepon dan mengirimkan SMS, ponsel Nokia jaman dulu paling hanya bisa digunakan untuk main game simpel seperti Snake. Berbeda dengan ponsel pintar keluaran tahun 2021 yang bisa memainkan game dengan kualitas grafis PC seperti Genshin Impact.

Bisa dibilang bahwa ponsel pintar jaman sekarang itu lebih tepat disebut sebagai komputer versi mini. Dan sebagai komputer mini, tentunya ponsel pintar juga memiliki fitur dan kegunaan yang jauh lebih canggih dibandingkan sekedar untuk telpon, Pro!

Daftar Kegunaan Ponsel Pintar Selain Untuk Komunikasi

Salah satu hal yang membuat smartphone menjadi pintar itu adalah dari sistem operasi digunakan, Pro. Seperti layaknya Microsoft Windows pada komputer, Android dan iOS memungkinkan sebuah ponsel pintar untuk menjalankan aplikasi tambahan.

Dengan aplikasi-aplikasi tambahan ini, ponsel pintar kamu bisa berubah dari sekedar alat komunikasi menjadi perangkat serba guna, lho! Jadi, untuk kamu yang ingin mengoptimasi penggunaan smartphone, kamu bisa cek daftar kegunaan ponsel pintar berikut!

Smartphone Bisa Menambah Produktivitas Kamu

Jaman sekarang, produktivitas sudah sepantasnya menjadi fokus semua orang dan smartphone sering dijadikan alasan penghambat produktivitas. Padahal, jika digunakan secara tepat, ponsel pintar dapat membantu produktivitas kamu dalam bekerja, lho.

Contohnya adalah aplikasi task management seperti Trello yang dapat membantu kamu mengatur progres tugas/pekerjaan kamu. Dengan Trello dan aplikasi semacamnya, kamu bisa melihat daftar tugas/pekerjaan yang ada dan menentukan kapan tugas tersebut harus dikerjakan sesuai prioritas.

Trello sendiri mengadopsi filosofi Kanban dan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dari individu maupun sebuah tim. Jadi, ketika kamu sedang mengerjakan sebuah proyek, rekan tim kamu bisa ikut menggunakan Trello untuk memberikan update progres mereka masing-masing, Pro.

Aplikasi task management seperti ini juga biasanya mendukung integrasi antara PC dan smartphone, jadi bisa kamu akses kapan saja dan dimana saja, lho!

Smartphone Bisa Membantu Mengatur Pengeluaran Kamu

Untuk kamu yang suka jajan, coba hitung berapa uang yang sudah kamu habiskan untuk beli kopi. Sekarang, coba bayangkan jika setengah saja dari uang tersebut ada di rekening kamu sekarang. Mungkin tidak cukup untuk beli mobil, tapi DP motor seharusnya tercapai, kan?

Memang perjalanan menjadi individu yang financially responsible itu sulit, tapi ponsel pintar dapat membantu kamu, Pro! Banyak sekali aplikasi budgeting seperti Wallet yang dapat kamu gunakan untuk memonitor pengeluaran kamu tiap bulannya.

Dengan menggunakan Wallet, kamu bisa menentukan berapa budget yang bisa kamu sisihkan untuk keperluan tertentu dalam satu bulan. Nantinya, ketika kamu sudah mendekati batas budget tersebut, Wallet akan mengirimkan notifikasi di smartphone untuk memperingatkan kamu.

Memang Wallet tetap membutuhkan kerja sama kamu untuk mendata semua pengeluaran kamu, tapi untungnya Wallet memiliki tampilan yang mudah dimengerti. Dengan menggunakan aplikasi seperti ini di ponsel pintar kamu, dijamin kamu tidak akan pernah kehabisan uang lagi di tanggal tua, Pro!

Smartphone Bisa Membantu Kamu Menghindari Kudet

Hidup di zaman informasi, pasti kamu akan dikucilkan dari pergaulan kalau kamu tidak mengikuti berita terkini, Pro. Untungnya, ponsel pintar dapat dengan mudah membantu kamu untuk tidak kudet melalui aplikasi berita seperti Google News atau Apple News untuk pengguna iOS, Pro!

Daripada capek-capek buka browser di smartphone, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan berita dari berbagai sumber. Pro bisa memilih antara mengikuti media favorit kamu, baik dari Indonesia maupun asing, atau topik favorit kamu.

Aplikasi seperti ini juga sangat efektif ketika dikombinasikan dengan aplikasi bookmark seperti Pocket yang tersedia untuk smartphone. Ketika kamu menemukan artikel yang menarik tapi kamu sedang sibuk, kamu bisa menggunakan Pocket dan menyimpan artikel tersebut  untuk dibaca di lain waktu.

Smartphone Bisa Membantu Kamu Belajar

Tidak peduli umur atau status pekerjaan kamu, yang namanya edukasi itu harus selalu berjalan, Pro! Tapi, di tahun 2021 ini, kamu sudah tidak perlu lagi duduk di kelas untuk menimba ilmu karena semuanya sudah tersedia di ponsel pintar kamu, lho.

Untuk kamu yang ingin mempelejari bahasa baru, ada aplikasi Duolingo yang memiliki metode pembelajaran unik dan menghibur. Dengan lebih dari 30 daftar bahasa yang tersedia dari bahasa Korea sampai Vietnam, kamu tidak akan kehabisan bahasa baru untuk dikuasai, Pro!

Sementara, kamu yang ingin mencari skill baru untuk dikuasai bisa mencoba aplikasi seperti Coursera atau Udemy yang menawarkan banyak kursus menarik, Pro! Bahkan, daftar kursus yang ada di Coursera sebagian dirancang bersama institusi kenamaan seperti Yale atau Google, lho.

Pro juga jangan khawatir, aplikasi yang disebut di atas bisa kamu download langsung ke ponsel pintar kamu tanpa biaya tambahan!

Smartphone Bisa Menjadi Sumber Hiburan

Seperti halnya komputer yang bisa digunakan untuk keperluan musik, film, maupun game, kamu juga bisa melakukan semua hal tersebut di ponsel pintar. Memang beberapa aplikasi musik maupun film memiliki biaya langganan, tapi harga yang ditawarkan sangat sepadan kok, Pro!

Untuk musik, 2 pilihan aplikasi yang paling terkenal adalah Apple Music dan Spotify. Selain musik, Spotify juga menyediakan beberapa Podcast seru yang selain menghibur juga seringkali mengandung informasi-informasi menarik.

Jika kamu lebih suka media visual, Netflix dan Disney+ Hotstar dengan daftar film dan serial menarik yang selalu diupdate setiap bulan. Tidak hanya konten produksi asing saja, kedua layanan ini sudah banyak kedatangan film dan serial produksi Indonesia terbaru dan berkualitas, lho.

Bagi para gamer, dunia mobile gaming sekarang juga produk-produk berkualitas yang sangat bervariatif. Dari kumpulan game kasual seru yang ada di Aplikasi MPL sampai game open-world dengan kualitas konsol seperti Genshin Impact, semuanya bisa dimainkan di ponsel pintar kamu.

Smartphone Bisa Memudahkan Kamu Untuk Bersosialisasi

Bersosialisasi di sini bukan maksudnya dengan teman dan keluarga kamu, tapi dengan orang-orang maupun lingkaran baru, Pro. Melalui aplikasi seperti Discord, kamu bisa mencari rekan-rekan sepemikiran yang memiliki ketertarikan sama.

Untuk para gamer, Discord sekarang sudah menjadi platform utama untuk kamu yang mencari teman mabar. Memasuki tahun 2021, Discord juga sudah menyediakan kategori server non-gaming untuk komunitas-komunitas di luar gamer, Pro.

Seperti media sosial kebanyakan, Discord ini juga bersifat universal dan banyak digunakan di seluruh dunia. Artinya, kamu tidak hanya bisa bercengkrama dengan gamer asal Indonesia saja, tapi kamu juga bisa memperluas lingkaran kamu dengan gamer asing, lho.

Optimalkan Penggunaan Ponsel Pintar Kamu Dengan Daftar Fitur Di Atas

Sesuai dengan namanya, ponsel pintar tentunya juga harus digunakan secara pintar. Selain untuk sekedar komunikasi, foto-foto, ataupun media sosial, ponsel pintar memiliki segudang kegunaan lainnya, lho!

Untuk Pro yang sampai saat ini masih belum menggunakan ponsel pintar secara optimal, daftar kegunaan di atas dijamin dapat membantu kamu, Pro. Sayang kalau ponsel dengan harga jutaan rupiah hanya digunakan untuk hal-hal receh.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x