7 Pemain Barcelona Usia Muda Penuh Talenta Calon Bintang Masa Depan

Lionel Messi, Jordi Alba, Cesc Fabregas, dan Gerard Pique adalah beberapa bukti nyata bahwa pemain Barcelona hasil didikan akademi La Masia punya masa depan cerah.

(Baca juga: Biodata Lionel Messi: Kehidupan Pribadi, Karir & Prestasi)

Sekitar dua musim terakhir, memang Barcelona sedang berada dalam masa keterpurukan. Faktor finansial mengharuskan para pemain Barcelona hengkang ke klub lain entah itu dengan cara transfer atau dipinjamkan.

(Artikel terkait: Jadwal Pertandingan Barcelona Di Semua Kompetisi Musim 2021/22)

Di sisi lain, hal ini menjadi kesempatan bagi para pemain muda sebagai ajang unjuk gigi. Lalu, siapa saja nama-nama pemain FC Barcelona berusia muda yang sejauh ini menunjukan performa menjanjikan di bawah asuhan sang pelatih, Xavi Hernandez?

Pemain Muda Barcelona Lulusan La Masia

Pertama, terdapat lima pemain Barcelona berusia muda lulusan akademi yang dipromosikan ke tim senior dan menunjukan performa apik di atas lapangan. Berikut di antaranya.

Ansu Fati

Ansu Fati
Ansu Fati, wonderkid Barcelona – sumber: fcbarcelona.com

Pemain yang berposisi sebagai striker satu ini sepertinya tak butuh perkenalan lagi. Yup, Ansu Fati tak butuh waktu lama untuk menarik perhatian para Cules (panggilan fans Barcelona) setelah melakukan debut di musim 2019/20.

Berduet dengan Memphis Depay di lini depan, Ansu punya insting mencetak gol dan penempatan posisi yang sangat baik.

Tak heran jika Ansu sekarang memakai nomor punggung 10 sepeninggalan Lionel Messi berkat penampilan gemilangnya sejauh ini.

Sayangnya, Ansu sering bergelut dengan cedera sehingga belum benar-benar menunjukan penampilan optimal.

Namun, dengan usianya yang hanya baru menginjak 19 tahun, masih ada waktu bagi pemain berkebangsaan Spanyol ini untuk membuktikan bahwa dirinya pantas memakai nomor 10.

Gavi

Gave
Gavi merupakan lulusan La Masia – sumber: fcbarcelona.com

Gavi lambat laun mulai menjadi tumpuan lini tengah Barcelona di musim 2021/22. Dengan postur kecil dan gaya permainannya, pemain yang punya nama lengkap Pablo Martín Páez Gavira ini mengingatkan banyak orang pada, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi.

Jika ingin terus mendapat kepercayaan dari Xavi, pemain berusia 17 tahun ini perlu terus menunjukan perkembangan dan meminimalisir kesalahan.

Eric Garcia

eric garcia
Eric Garcia (kiri) ketika menimba ilmu di La Masia – sumber: fcbarcelona.com

Perjalanan karir Eric Garcia kurang lebih bisa disamakan dengan seniornya, Gerard Pique. Meski baru bergabung pada 2021 lalu, bek berusia 21 tahun ini langsung mengamankan posisi di tim utama menggeser para pendahulunya seperti Samuel Umtiti dan Clement Lenglet.

Selain bersama Pique, Eric Garcia sering diduetkan bersama bek muda Barcelona lainnya, Ronald Araujo.

Memang, performa Eric sejauh ini belum terlalu bisa dibanggakan. Namun untuk seorang pemain bertahan, di usia 21 tahun dan sudah sering mendapat menit bermain, serta bermain di Camp Nou pula, Eric Garcia punya masa depan yang cerah.

(Baca juga: Stadion Camp Nou: Markas Besar FC Barcelona Yang Penuh Sejarah)

Nico Gonzalez

Nico Gonzalez pemain barcelona
Nico Gonzalez jadi harapan baru di lini tengah Barca – sumber: fcbarcelona.com

Nico Gonzalez bergabung La Masia di usia tujuh tahun dan terus berkembang hingga mendapat tempat di tim senior setelah dipromosikan oleh Xavi Hernandez. Nico membayar kepercayaan sang pelatih Barcelona tersebut dengan dua gol dan satu assist (per Januari 2022).

Dengan postur yang ideal, Nico sepertinya akan terus mendapat menit bermain jika selalu menunjukan performa apik. Nico yang akan menginjak usia 19 tahun ini harus memanfaatkan para senior nya sepert Sergio Busquets, Sergi Roberto, dan tentu saja Xavi Hernandez.

Pemain Muda Barcelona Non-La Masia

Berikutnya adalah deretan pemain muda yang didatangkan Barcelona sebagai para pemain masa depan. Siapa saja mereka?

Pedri

Pedri - pemain barcelona
Pedri saat membela Timnas Spanyol – sumber: wikimedia.org

Sama halnya seperti Ansu Fati, di usianya yang masih belia, Pedri menunjukan penampilan bak pemain senior baik di level klub maupun tim nasional. Pedri bahkan menjadi pemain inti timnas Spanyol di Euro 2020 lalu.

Mungkin sebagian dari Pro menyangka jika pemain dengan nama lengkap Pedro González López ini merupakan lulusan La Masia. Nyatanya, Pedri memulai karir profesional bersama Las Palmas dan bergabung Barcelona pada 2019.

Pedri digadang-gadang merupakan penerus legenda sepak bola Spanyol dan Barcelona, Andres Iniesta. Terlalu cepat memang untuk menyatakan hal ini, tetapi pemain yang baru berusia 19 tahun ini kerap menunjukan bahwa dirinya layak disebut salah satu pemain muda terbaik di Eropa.

Frenkie De Jong

Frankie de Jong
Frankie de Jong gelandang Barcelona – sumber: fcbarcelona.com

Didatangkan Barcelona di tahun 2019, Frenkie De Jong langsung mengamankan satu tempat di lini tengah. Sayangnya, penampilan pemain Barcelona satu ini kurang begitu optimal akibat kondisi tim yang masih dalam masa transisi.

Namun, dengan kualitas dan kemampuannya dalam mengatur permainan, pastinya Xavi akan terus mengandalkan pemain berusia 24 tahun ini.

Abde Ezzalzouli

abde
Abde dipercaya oleh Xavi untuk mengisi posisi penyerang sayap – sumber: fcbarcelona.com

Hengkangnya pemain bintang, seperti dari Philippe Coutinho, Antoine Griezmann, dan ketidakjelasan   situasi Ousmane Dembele, Abde Ezzalzouli muncul ke permukaan sebagai penyerang sayap menjanjikan.

Abde seketika menarik perhatian banyak pihak dengan kemampuan penetrasi dan kecepatannya dalam menyisir sisi pertahanan lawan. Pemain yang belum lama ini menjadi warga negara Spanyol ini menjadi penyuplai umpan bagi para rekan seniornya seperti Memphis Depay dan Luuk De Jong di lini depan.

Sejauh ini, Abde sudah tampil sebanyak 10 pertandingan bersama Barcelona di La Liga Spanyol. Di usianya yang baru 20 tahun, Abde perlu terus membuktikan bahwa dirinya layak menjadi pilihan utama dan membayar kepercayaan sang pelatih.

Yuk, Susun Tim Barcelona di MPL Fantasy Sepak Bola!

Yup, ketujuh pemain di atas tentu saja bisa kamu pilih saat Barcelona bermain baik di La Liga atau Liga Champions, Pro.

Namun, lakukan analisa terlebih dahulu dan pilih pemain yang pasti akan bermain serta punya statistik paling menonjol agar meraih poin tertinggi di MPL Fantasy Sepak Bola.

Jadilah manajer tim Fantasy terbaik dan menangkan Berlian Kemenangan yang bisa ditukar saldo GoPay, LinkAja, atau Dana, Pro!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x