Publisher Theme
I’m a gamer, always have been.

Kumpulan Game Android Offline dan Online Untuk Mengisi Waktu di Akhir Minggu

0 159

Suntuk di akhir minggu karena tidak ada aktivitas menarik? Tenang, selalu ada kumpulan game Android offline maupun online yang sudah menunggu kamu, kok!

Tidak peduli kamu keturunan Adam atau Hawa, entah kamu masih duduk di bangku SMA atau sudah kerja, hobi main game Android itu memang sifatnya universal. Terlebih lagi, dengan jumlah dan variasi game Android yang sangat besar, pasti ada lusinan game yang sesuai dengan selera kamu!

Rekomendasi Game Offline Android Terbaik

Untuk Pro yang tidak memiliki jaringan wifi di rumah, masalah paket data dan kuota internet pasti sering membuat kamu pusing. Terlebih lagi jika kamu harus download update game Android yang ukurannya sampai 5GB.

Tapi Pro jangan khawatir, banyak kok game Android terbaik yang bisa dimainkan secara offline. Contohnya bisa Pro lihat di rekomendasi game offline Android terbaik berikut!

Minecraft

Meskipun game Android offline yang satu ini sudah menginjak umur 10 tahun, Minecraft terbukti masih sangat populer di semua kalangan usia. Pertama kali dirilis dengan nama Minecraft: Pocket Edition, sekarang embel-embel Pocket Edition tersebut sudah dihapus.

Sekarang, game Minecraft yang tersedia di Android sudah hampir menyamai versi konsol dan PC sehingga nama Minecraft juga sudah cukup. Untuk Pro yang belum pernah download game ini, Minecraft adalah game bertema survival yang menggunakan estetika kotak-kotak (voxel) yang unik.

Di mode game survival, kamu ditugaskan untuk mengumpulkan sumber daya yang ada di sekitar kamu untuk bertahan hidup dari alam dan monster seperti creeper. Kamu bisa membangun rumah, memasak, senjata, dan berbagai perangkat lainnya dengan sumber-sumber daya tersebut.

Satu lagi yang menjadi daya tarik game Minecraft adalah adanya mode creative. Di mode game tersebut, pemain memiliki kebebasan penuh untuk membuat apapun menggunakan sumber daya yang tidak terbatas.

Sebagai contoh, ada pemain yang membangun replika kapal pesiar Titanic di dalam game. Bahkan, organisasi jurnalisme Reporters Without Borders membangun sebuah perpustakaan bernama The Uncensored Library untuk menerbitkan berita-berita yang menjadi korban sensor negara otoriter.

Stardew Valley

Salah satu game offline Android terbaik yang ada saat ini adalah Stardew Valley. Untuk Pro yang dulu banyak menghabiskan waktu kecilnya dengan bermain game bercocok tanam Harvest Moon, game ini bisa mengobati rasa kangen kamu.

Di game ini, kamu berperan sebagai pemuda yang mewariskan lahan pertanian milik kakeknya di daerah bernama Stardew Valley. Selain membangkitkan usaha pertanian tersebut, kamu juga harus menjalin hubungan dengan penduduk Pelican Town.

Seperti di Harvest Moon, kamu juga bisa ‘merayu’ salah satu penduduk untuk memulai hubungan romantis yang bisa berujung di pelaminan. Untuk semakin mendekatkan diri dengan penduduk Pelican Town lainnya, kamu juga bisa ikut berpartisipasi di beragam festival yang rutin berlangsung di kota.

Jika Pro sudah mulai bosan bermain game kompetitif yang sering membuat stres, Stardew Valley bisa menjadi alternatif game offline Android yang menarik.

Grid Autosport

Daripada kebut-kebutan di jalan, Pro bisa coba download game balap Grid Autosport, salah satu game offline Android terbaik. Berasal dari tangan pengembang kawakan Codemasters, game balap yang satu ini awalnya dirilis di PC dan konsol sebelum akhirnya menyebrang ke Android.

Walhasil, Pro jangan terkejut jika Grid Autosport memiliki kualitas setingkat di atas game balapan untuk Android lainnya. Untuk memainkan game ini, Pro juga harus hati-hati karena Grid Autosport mengusung gameplay yang cukup realistis.

Kamu tidak bisa mengandalkan drift asal-asalan seperti di film dan harus mematuhi racing line selayaknya di Formula 1. Dan jika kamu terlalu banyak menghantam mobil lawan, mesin dan suspensi mobil kamu sendiri juga bisa ikut menjadi korban.

Ketika kamu download game balap yang satu ini, pastikan kamu memiliki baterai yang cukup ya! Grid Autosport memang terkenal sebagai salah satu game yang dapat mengurasi baterai HP.

Alto’s Odyssey

Jika Pro mencari game offline Android ringan yang cocok untuk dimainkan saat menunggu bis, kamu patut mencoba game Alto’s Odyssey. Sebagai sekuel dari game Alto’s Adventure, game ini masih mengusung genre endless runner seperti pendahulunya tapi dengan pergantian latar.

Alih-alih menyusuri pegunungan bersalju, kali ini kamu akan berperan sebagai seorang peselancar yang harus mengarungi sebuah padang pasir yang berbukit-bukit. Ketika sedang memainkan game ini, kamu harus menghindari berbagai macam rintangan seperti batu atau jurang yang ada di hadapan kamu.

Selain gameplay yang simpel dan adiktif, daya tarik utama dari salah satu game Android terbaik ini adalah dari segi tampilan dan musik yang digunakan. Menggunakan visual bersifat siluet yang halus dan musik yang adem, game ini bisa jadi obat penenang untuk kamu yang sedang stres.

Tambahan lagi, kamu bisa download game Alto’s Odyssey gratis langsung di Play Store, lho!

Monster Hunter Stories

Seperti namanya, Monster Hunter Stories adalah spinoff dari seri game populer Monster Hunter. Alih-alih memburu monster raksasa, di game offline Android yang satu ini, kamu malah harus berteman dan memelihara monster-monster tersebut.

Sebagai seorang Rider, kamu nantinya dapat mengendarai dan bahkan harus menghadapi monster lainnya dengan monster peliharaanmu. Dengan sistem turn-based, Monster Hunter Stories juga memiliki gameplay yang lebih mendekati game RPG standar dibandingkan game pendahulunya.

Walhasil, game Android offline yang satu ini sekilas sangat mirip dengan Pokemon. Dengan cerita, visual, dan tingkat kesulitan yang terbilang ringan, game RPG ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin bermain game sambil bersantai.

Ace Attorney

Siapa bilang menjadi pengacara itu adalah pekerjaan yang serius dan membosankan? Di seri game Ace Attorney, kamu bisa melihat sendiri bahwa dunia hukum itu penuh kekonyolan dan model rambut yang berlebihan.

Di seri game offline Android ini, kamu akan mengikuti jejak pengacara konyol bernama Phoenix Wright dan rekan-rekannya. Mengusung genre visual novel, kamu akan bertugas untuk menyelidiki kasus dan menginterogasi saksi dalam kasus yang kamu tangani.

Puncaknya, kamu akan berhadapan dengan jaksa penuntut di ruang sidang menggunakan semua bukti yang kamu kumpulkan tadi. Tapi jangan salah, meskipun kesannya serius, seri game Android terbaik ini penuh dengan aksi dan lelucon konyol.

Mulai dari saksi dengan kepribadian tidak jelas, ekspresi berlebihan khas anime, dan hakim yang malah jadi korban bully, Ace Attorney dijamin akan mengocok perut kamu. Di Play Store, kamu dapat mencoba 3 game terakhir di seri ini; yaitu Apollo Justice, Dual Destinies, dan Spirit of Justice.

Rekomendasi Game Online Android Terbaik

Selain daftar game offline Android di atas, masih ada banyak game Android online yang bisa Pro coba. Untuk kamu yang masuk ke golongan sultan, tentunya masalah download game dan update yang ukurannya sampai 10GB tidak akan menjadi masalah untuk kamu.

Dari game Esport, game RPG open world, dan game berhadiah saldo GoPay, Pro bisa cek daftar game online Android terbaik berikut!

Genshin Impact

Tidak dapat dipungkiri, Genshin Impact sangat pantas menyandang gelar sebagai game Android terbaik 2020. Dengan kualitas grafis, gameplay, dan sebuah dunia open world yang setara dengan game konsol atau PC, game RPG satu ini berhasil membuat standar baru di dunia Android.

Di Genshin Impact, kamu akan mengikuti petualangan seorang Traveler yang sedang mencari saudara kembarnya di dunia fantasy Teyvat. Dalam perjalanannya, Traveler ditemani oleh seorang maskot bernama Paimon yang dalam krisis bisa kamu manfaatkan sebagai makanan darurat.

Ketika pertama kali dirilis di 2020, hanya negara Mondstadt dan Liyue saja yang bisa dikunjungi. Tapi, di beberapa bulan terakhir, Mihoyo selaku pengembang juga sudah menambahkan kepulauan Inazuma yang terinspirasi dari Jepang era Tokugawa.

Kedepannya, Mihoyo juga berencana menambahkan negara-negara lainnya seperti Shezhnaya yang terinspirasi dari Rusia dan selalu diselimuti salju. Selain dunia Teyvat yang luas dan indah, game RPG ini juga memiliki sistem combat unik yang mengandalkan interaksi antar elemen.

Untuk pro yang tertarik untuk download game Android yang satu ini, pastikan kamu memiliki banyak sisa memori, ya! Dunia Teyvat memang asyik untuk dijelajahi, tapi akibatnya game ini membutuhkan memori dan spesifikasi yang lumayan mumpuni.

Plants vs Zombies

Pertama kali dirilis pada tahun 2009, Plants vs Zombies bersama Angry Birds membuktikan kalau game kasual tidak harus murahan. Sampai sekarang, Plants vs Zombies masih menjadi salah satu game terbaik di Android yang popularitasnya tidak pernah menurun.

Bagi Pro yang belum pernah mencoba game ini, Plants vs Zombies adalah game yang mengusung genre tower defense. Di sini, pemain akan berperan sebagai pemilik rumah yang harus melindungi tempat tinggalnya dari ancaman zombie.

Sesuai namanya, Pro harus memanfaatkan berbagai macam tumbuhan untuk membasmi zombie tersebut. Ada Peashooter yang bisa menembakkan kacang polong ke arah zombie yang datang. Lalu, ada juga Wall-nut yang berfungsi sebagai tameng kokoh untuk menghentikan laju zombie.

Zombie yang menyerang rumah kamu juga ada berbagai jenis dan kamu dituntut untuk menggunakan dan menempatkan tumbuhan agar bisa menghadang serangan zombie tersebut.

Saat ini, pengembang PopCap Games masih rutin menyediakan konten baru untuk Plants vs Zombies 2 yang pertama kali dirilis di tahun 2013.

Call of Duty: Mobile

Sejak pertama kali dirilis di tahun 2003, seri game perang Call of Duty sudah menjadi favorit para pemilik konsol dan PC. Nah, di tahun 2019, akhirnya seri game terbaik ini membentangkan sayapnya ke dunia Android melalui game Call of Duty: Mobile.

Pengembang Activision bekerja sama dengan Tencent untuk membawa game Call of Duty ke ranah Android. Masih mengusung gameplay first-person shooter, Call of Duty: Mobile juga banyak membawa elemen-elemen dari pendahulunya.

Pro masih bisa menemukan mode permainan klasik seperti Team Deathmatch dan Free for All. Dan map yang digunakan sebagai area permainan juga banyak yang diambil dari game pendahulunya, seperti Nuketown yang sudah menjadi ciri khas game perang Call of Duty.

Tapi, berbeda dengan game Call of Duty versi konsol atau PC yang biasanya memiliki mode singleplayer, Call of Duty: Mobile hanya menawarkan mode multiplayer saja.

Another Eden

Bagaimana rasanya jika kamu berpetualang mengarungi waktu sambil ditemani oleh kucing kesayanganmu? Kamu bisa coba sendiri di game RPG unik Another Eden.

Di game ini, Pro akan mengikuti perjalanan Aldo dalam mencari adiknya, Feinne, yang diculik oleh raja dari kaum beast, Guildna. Dalam perjalanan, Aldo malah terlempar ke masa depan dan juga ke era dinosaurus dan bertemu dengan orang-orang dari dua era tersebut.

Tapi, Aldo selalu konsisten ditemani oleh kucing hitam miliknya, Varuo, yang setia mengikuti Aldo tidak peduli kemana tujuannya. Meskipun memiliki grafis 2D yang simpel, game Another Eden memiliki cerita yang cukup kompleks dan konsep time travel yang unik.

Tapi, sebagai game yang menggunakan sistem gacha, Pro harus hati-hati dengan pengeluaran kamu di game ini, ya!

Punishing: Gray Raven

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, game Genshin Impact menciptakan standar baru di dunia game Android. Di tahun 2021 ini, bisa dibilang Punishing: Gray Raven adalah game pertama yang bisa menyamai standar kualitas yang ditetapkan oleh game Genshin Impact.

Punishing: Gray Raven bertempat di sebuah dunia post-apocalyptic yang hancur karena amukan pasukan robot bernama Corrupted. Di game ini, kamu akan berperan sebagai pemimpin pasukan Gray Raven yang bertugas melawan ancaman Corrupted tersebut.

Seperti Genshin Impact, Punishing: Gray Raven adalah game action RPG dengan kualitas grafis yang memukau. Meskipun game ini tidak memiliki dunia yang seluas Genshin Impact, Punishing: Gray Raven unggul di sisi gameplay, dengan sistem combat yang lebih cepat dan kompleks.

Sekilas, combat di Punishing: Gray Raven menyerupai game action di PC dan konsol seperti Devil May Cry 5 atau Sekiro: Shadows Die Twice.

League of Legends: Wild Rift

Salah satu game Android terbaik 2020, League of Legends: Wild Rift berhasil mendobrak pasar game MOBA yang sudah padat. Dalam menerjemahkan game League of Legends dari PC ke dunia Android, pengembang Riot Games langsung turun tangan alih-alih meminta bantuan dari pengembang lain.

Usaha mereka terbukti sukses karena Wild Rift berhasil menyederhanakan League of Legends tanpa kehilangan identitas. Gameplay, daftar Champion, dan skill yang ada di game Wild Rift masih sama dengan versi PC, hanya saja sekarang ada tutorial yang komprehensif.

Waktu permainan juga jauh lebih singkat, dengan rata-rata sekitar 20 menit untuk satu pertandingan ketimbang versi PC yang bisa memakan waktu 1 jam. Tapi, Wild Rift juga masih terbilang cukup kompleks dibandingkan game MOBA Android lainnya seperti Mobile Legends.

Untuk Pro yang mungkin segan untuk mencoba game League of Legends di PC, Wild Rift bisa menjadi alternatif yang menarik.

Fruit Dart

Pro sedang mencari game yang tidak hanya memberikan hiburan semata? Itu artinya kamu wajib download game Fruit Dart yang ada di Aplikasi MPL!

Sesuai dengan namanya, game Fruit Dart menggunakan konsep dasar lempar dart tapi menggunakan buah sebagai target. Di game kasual ini, kamu harus mencetak skor setinggi mungkin dengan cara melempar pisau ke arah buah yang muncul di layar.

Jika kamu berhasil membelah 2 atau lebih buah sekaligus hanya dengan 1 pisau, kamu akan mendapatkan bonus poin. Tapi, Pro harus hati-hati. Jika Pro mengenai bom alih-alih buah, permainan akan langsung game over!

Di game Fruit Dart, kunci kemenangan ada di kemampuan koordinasi mata dan tangan kamu. Berhasil memenangkan pertandingan dan kamu berkesempatan meraih Berlian Kemenangan yang bisa ditukar menjadi saldo GoPay dan LinkAja.

Selain Fruit Dart, kamu juga bisa mencoba kumpulan game Android menarik lainnya di aplikasi MPL, lho! Dan semuanya juga menawarkan Berlian Kemenangan tersebut sebagai hadiah.

Rekomendasi Game Android Offline dan Online

Nah, untuk Pro yang sedang suntuk, daftar game Android di atas bisa kamu jadikan referensi. Untuk kamu yang sedang miskin kuota juga tidak usah khawatir, karena banyak game offline di Android yang tidak kalah menghibur!

Apakah Pro tertarik untuk mencoba salah satu game di atas? Atau mungkin Pro memiliki game Android favorit tersendiri?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.