Sejarah Jersey Kiper Dari Awal Masa Sepakbola Sampai Tahun 2022

Pro sekarang pasti sudah terbiasa melihat jersey kiper yang selalu berbeda dengan rekan setimnya dalam sebuah pertandingan sepakbola. Sebagai satu-satunya pemain yang diperbolehkan untuk memegang bola dengan tangan, kiper harus bisa mudah diidentifikasi oleh wasit.

Tujuannya adalah agar wasit tidak salah mengira bahwa ada pemain yang baru saja melakukan pelanggaran handball. Apalagi dalam situasi tendangan sudut, di mana pemain dari kedua tim beramai-ramai berkumpul di kotak penalti.

Tapi, di awal-awal sejarah jersey bola, seragam kiper tidak berbeda dengan rekan setimnya, lho. 

Perubahan Seragam Kiper Di Abad 20

jersey kiper abad 20
Sumber: maxpixel.net

Sebelum tahun 1920-an, kiper masih menggunakan jersey yang sama dengan rekan setimnya. Satu-satunya yang membedakan kiper adalah bahwa mereka mengenakan topi saat bertanding, Pro.

Kiper-kiper dari Skotlandia yang pertama kali mengenakan jersey berbeda ketimbang rekannya. Dan peraturan ini baru mulai diadopsi oleh asosiasi sepakbola setelah periode Perang Dunia 1.

Awalnya, seragam kiper juga masih terbatas di kaos warna hijau, biru, merah, maupun putih, terkecuali di laga internasional. Sampai sekarang, hijau masih menjadi warna populer yang juga dikenakan oleh kiper timnas Indonesia.

Jersey Kiper Semakin Berwarna Memasuki Tahun 1970-an

jorge campos
Sumber: wikimedia.org

Dengan mulai populernya televisi berwarna, seragam kiper juga mulai semakin ‘ramai’. Seperti kiper asal Meksiko, Jorge Campos, yang terkenal dengan jersey miliknya yang kelewat eksentrik.

Tapi, dengan produk seragam kiper yang biasanya kurang populer di antara fans, banyak klub maupun timnas yang cenderung kurang memperhatikan desain seragam kiper. Coba saja kamu mengunjungi toko jersey favorit kamu, sampai Januari 2022 ini seragam kiper masih menjadi produk yang kurang diminati.

Banyak tim yang sudah mulai merancang jersey kiper yang apik, seperti Barcelona musim 2019/2020 dan Bristol City musim 2020/2021, tapi ini masih minoritas. Padahal, pilihan desain geometris ini dapat menghasilkan pola yang eye-catching tanpa terlihat berlebihan, Pro.

Apa Desain Seragam Kiper Favorit Kamu?

Pro sendiri bagaimana? Apakah kamu cenderung memilih desain seragam kiper simpel seperti di timnas Indonesia yang terbaru? Atau kamu lebih memilih jersey unik seperti beberapa yang sudah disebutkan di atas?

Meskipun tidak akan menjadi faktor pemilihan pemain di tim MPL Fantasy kamu, seragam kiper tetap menjadi diskusi yang menarik, Pro!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x