Rekomendasi Game Yang Bisa Mabar Di Android Untuk Seru-Seruan Bersama Teman

Di kehidupan sehari-hari, satu-satunya pemersatu bangsa yang bisa menyaingi keampuhan sepak bola itu memang hanya video game, Pro. Ketika suasana sedang garing, kamu cukup main game yang bisa mabar bersama teman-teman kamu, dan pasti semuanya langsung rusuh kembali.

Bisa dibilang, memainkan game yang bisa mabar itu adalah versi abad 21 dari permainan papan atau board game. Untungnya, game mabar ini juga lebih praktis karena bisa kamu mainkan bareng langsung dari HP masing-masing, Pro!

Definisi Game Yang Bisa Mabar

Kata ‘mabar’ itu sendiri merupakan singkatan dari main bareng, jadi game yang bisa mabar tentunya berarti adalah game yang bisa dimainkan bareng-bareng, Pro. Dalam prakteknya, ini berarti terbatas pada game yang memiliki fitur multiplayer online.

Tapi, tidak semua game online cocok untuk sesi mabar, terutama untuk game yang mengandalkan fitur matchmaking seperti di Aplikasi MPL. Meskipun seru, game di MPL hanya akan memasangkan kamu dengan pemain lain secara acak alih-alih dengan teman kamu, Pro.

Untuk bisa main bareng teman, Pro harus mencari game multiplayer yang memiliki fitur ‘Friends’, ‘Party’, atau bahkan ‘Custom Game’. Fitur-fitur ini biasanya memiliki nama berbeda tergantung game, tapi intinya memungkinkan pemain untuk bermain dengan pemain lain secara spesifik, Pro.

Rekomendasi Game Yang Bisa Mabar Di Android

Dengan popularitas mobile game yang semakin meroket, sekarang sudah banyak game multiplayer di Android yang bisa digunakan untuk sesi mabar, Pro. Mayoritas tentunya merupakan game Esport yang memang sangat mengandalkan elemen kompetitif.

Tapi, untuk kamu yang lebih suka bermain santai, ada juga game multiplayer yang mengedepankan elemen kooperatif atau bisa disebut co-op. Di game seperti ini, kamu dan teman kamu akan ditantang untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas tertentu.

Cukup basa-basinya, untuk kamu yang ingin seru-seruan bersama teman, berikut adalah daftar rekomendasi game yang bisa mabar di Android!

Call of Duty: Mobile

Sebagai salah satu game tembak-tembakan terbaik di konsol PS4 maupun Xbox One, reputasi seri game Call of Duty tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi. Seperti di konsol, Call of Duty: Mobile (CoD: Mobile) yang ada di Android juga cocok untuk sesi mabar kamu.

Dengan menggunakan fitur ‘Friends’ dan ‘Invite Friends’, kamu bisa langsung bermain bersama kerabat kamu, Pro. Berkat format 5v5 yang diusung oleh game ini, kamu juga tidak usah takut ada teman kamu yang harus tersisih dari Squad kamu karena tidak ada tempat.

Selain opsi ‘Friends’ untuk Ranked Match, game CoD: Mobile juga menawarkan opsi Private Match jika kamu tidak ingin diganggu pemain lain. Seperti namanya, Private Match ini adalah mode permainan yang hanya bisa diakses oleh kamu maupun teman-teman kamu saja.

Sayangnya, kamu tidak bisa mendapatkan poin untuk push rank dari Private Match, jadi memang mode permainan ini dikhususkan untuk seru-seruan saja. Tapi, Private Match tetap menawarkan format klasik seperti Team Deathmatch, Frontline, atau bahkan Free-For-All yang paling rusuh.

Gameplay yang ditawarkan dari game ini juga jauh lebih rusuh dibandingkan game battle royale, Pro. Dengan area permainan yang sempit dan fase permainan yang cepat, dijamin sesi mabar bersama teman-temanmu akan selalu meriah bersama CoD: Mobile.

League of Legends: Wild Rift

Pasti Pro bertanya-tanya, kenapa Wild Rift menjadi pilihan game mabar terbaik di Google Play Store ketimbang Mobile Legends yang lebih populer? Ini karena game online yang satu ini memiliki gameplay yang lebih mengutamakan teamwork ketimbang Mobile Legends, Pro.

Sebagai adaptasi dari League of Legends versi PC, game besutan Riot Games ini memang lebih kompleks daripada kebanyakan game MOBA di Android. Ini karena game seperti Mobile Legends sudah dirancang dari awal untuk mobile yang biasanya lebih ‘ringan’ dibandingkan game PC.

Walhasil, game Wild Rift lebih mirip dengan game MOBA di PC yang cenderung kompleks dan mengutamakan kerjasama tim. Meskipun salah satu pemain di tim kamu memiliki skill dewa, percuma jika anggota tim lainnya cuma bisa jadi beban.

Memang konsep ini membuat Wild Rift menjadi game yang lebih sulit dikuasai, tapi ini berarti Wild Rift menjadi game mabar yang lebih seru. Tentunya, kamu dan rekan kamu juga harus memilih karakter ataupun hero yang kemampuannya bisa saling mendukung, Pro.

Seperti game multiplayer online lainnya, Wild Rift juga memiliki fitur ‘Friends’ dan ‘Invite Friends’ untuk memulai sesi mabar. Saat sedang mabar, siap-siap mendengar teriakan dan perintah dari teman-teman kamu yang suka ‘ngegas’ ketika bermain game ya, Pro!

PUBG: New State

Main game battle royale bersama teman itu jauh lebih menenangkan dan menyenangkan ketimbang bermain sendirian, lho. Kamu tidak harus menjelajahi map besar sendirian, ada yang menemani saat naik mobil, dan tentunya bertahan hidup akan lebih mudah.

Hal ini yang membuat game battle royale seperti PUBG: New State menjadi game multiplayer yang cocok untuk sesi mabar kamu, Pro. New State ini sendiri merupakan sekuel dari game online PUBG Mobile dengan gameplay yang kurang lebih sama.

Salah satunya adalah fitur ‘Squad’ di mana kamu dapat membentuk tim beranggotakan 4 orang bersama teman-teman kamu. Tapi, game multiplayer ini juga membawa beberapa perubahan dari PUBG Mobile yang bisa membuat sesi mabar kamu menjadi semakin lebih seru, Pro!

Contohnya adalah senjata baru Green Flare Gun yang bisa kamu dapatkan dari Drone Shop di game online ini. Menggunakan senjata tersebut, kamu bisa menghidupkan kembali salah satu rekan timmu yang sudah mati untuk menemani kamu di area permainan, lho!

Nah, untuk Pro yang sudah bosan bermain PUBG Mobile, mungkin New State bisa merayumu kembali. Selain fitur-fitur baru di atas, sekuel dari PUBG Mobile ini juga memiliki kualitas grafis terbaik ketimbang game battle royale lainnya, Pro!

Among Us

Terinspirasi langsung dari permainan offline Werewolf, Among Us memang dari awal dirancang sebagai game yang bisa mabar, Pro. Di game besutan developer Innersloth ini, pemain harus bisa menebak siapa di antara mereka yang sebenarnya berkhianat.

Pada awal permainan, pemain akan dibagi menjadi 2 kubu, mayoritas akan bermain sebagai Crewmates sedangkan sisanya menjadi Imposters. Sementara Crewmates bertugas untuk bertahan hidup dan menjaga agar pesawat bisa berjalan, Imposters harus membunuh Crewmates satu-persatu.

Masalahnya, Imposters tersebut memiliki penampilan yang sama dengan Crewmates, jadi tidak ada teman kamu yang bisa dipercaya, Pro. Walhasil, sesi bermain game online populer ini sering diiringi dengan teriakan-teriakan saling tuduh antara teman.

Meskipun game multiplayer yang satu ini bisa dimainkan dengan orang asing, Among Us jauh lebih rusuh ketika dimainkan bersama teman. Walhasil, meskipun popularitasnya sudah agak meredup, Among Us tetap menjadi salah satu game mabar terbaik di Google Play Store, Pro.

Uniknya, game multiplayer ini juga memiliki fitur cross-platform di mana pemain di Android, Nintendo Switch, maupun platform lainnya bisa bermain bareng.

Spaceteam

Meskipun sama-sama bertempat di luar angkasa dan sama-sama rusuh seperti Among Us, game Spaceteam mengusung konsep yang sangat unik. Di game multiplayer ini, kamu dan teman-teman kamu akan berperan sebagai astronot yang harus mengendalikan sebuah pesawat luar angkasa.

Tugas kamu sebenarnya simpel, setiap pemain akan berhadapan dengan serangkaian tombol dan saklar dan harus mengoperasikannya sesuai instruksi. Masalahnya, instruksi tersebut hanya akan diberikan ke pemain lainnya, jadi kamu dan teman-teman kamu harus saling berkomunikasi, Pro.

Game online yang satu ini akan semakin rumit seiring dengan bertambahnya jumlah pemain, karena instruksi akan diberikan secara acak. Konyolnya, developer Henry Smith Inc. juga sengaja menggunakan kata-kata nyeleneh untuk melabeli tombol dan saklar yang ada, lho.

Walhasil, jangan kaget jika kerabat kamu ada yang tiba-tiba meneriakkan perintah tidak jelas seperti ‘Nyalakan Eigenthrottle’ ketika memainkan game online ini. Selain Spaceteam, ada juga game Keep Talking and Nobody Explodes di Google Play yang mengusung konsep yang sama, Pro.

Genshin Impact

Sebagai game online yang banyak digadang sebagai game terbaik di tahun 2020, Pro pastinya sudah pernah mendengar nama Genshin Impact. Selain menawarkan grafik sekelas konsol dan dunia open-world yang sangat megah, game online yang satu ini juga mengusung fitur mode multiplayer yang cukup menarik, lho!

Pemain bisa ‘bertamu’ ke dunia pemain lainnya dan bisa sama-sama menjelajahi daratan Teyvat yang luas. Tidak cuma sekedar bertamasya, kamu dan rekan kamu juga bisa ikut saling bahu-membahu melawan boss kuat seperti naga angin Stormterror maupun naga bumi Azhdaha, Pro.

Secara berkala, developer Mihoyo juga sering mengadakan event-event menarik yang bisa dimainkan bersama-sama. Contohnya, Mihoyo pernah mengadakan mode permainan petak-umpet masal ala Genshin bernama Windtrace di bulan Mei 2021 lalu.

Sayangnya, event spesial seperti Windtrace tersebut memang memiliki waktu yang terbatas. Tapi kamu jangan khawatir, karena Mihoyo sering melakukan rerun untuk event-event sebelumnya, jadi kamu jangan sampai kelewatan sesi Windtrace selanjutnya, ya!

Brawlhalla

Jika pemilik Nintendo Switch memiliki game baku hantam Super Smash Bros, maka pengguna Android memiliki game Brawlhalla, Pro! Seperti seri kenamaan dari Nintendo tersebut, game multiplayer ini adalah game fighting yang mempertemukan 4 pemain langsung pada satu sesi permainan.

Kamu bisa memilih mode 1v1, 2v2, atau mode free-for-all yang selalu rusuh. Memang tidak ada karakter ikonik seperti Mario atau Pikachu layaknya Super Smash Bros, tapi karakter yang ada di game multiplayer ini tidak kalah menarik, lho.

Di Brawlhalla, karakter-karakter ini disebut Legend dan masing-masing memiliki kelebihan sendiri saat bertarung. Ada Koji, sang Samurai yang bisa menggunakan katana maupun busur, atau Terros, seorang Minotaur ganas yang dapat melumat Legend lain dengan kapak miliknya.

Meskipun sayangnya Brawlhalla di Android tidak memiliki fitur ‘Friends’, kamu tetap bisa mabar menggunakan fitur ‘Custom Game’ yang ada, Pro. Seperti Among Us, Brawlhalla juga bersifat cross-platform jadi kamu bisa satu arena dengan teman kamu yang bermain di konsol maupun PC, lho!

Monopoly – Classic Board Game

Sesi kumpul bareng teman pastinya tidak akan lengkap kalau tidak dilengkapi dengan main board game klasik seperti Monopoly. Untungnya, sekarang kamu tidak perlu mempersiapkan papan Monopoly kamu sendiri karena board game klasik ini sudah tersedia di Android, Pro!

Berbeda dengan Monopoly versi board game yang rentan terhadap kecurangan, Monopoly versi Android pastinya jauh lebih adil. Jika kamu tidak memiliki rekan andalan yang bisa diandalkan sebagai bankir, Monopoly di Android ini bisa menjadi alternatif, lho.

Para veteran Monopoly juga pasti sudah mengetahui kalau satu permainan Monopoly di dunia nyata sering tidak ada habis-habisnya. Nah, Monopoly di Android ini uniknya menawarkan opsi Quick mode untuk kamu yang waktunya terbatas.

Meskipun Monopoly di Android adalah game berbayar, game multiplayer ini menawarkan mode offline multiplayer yang unik. Cukup satu pemain saja yang memiliki game ini, dan kamu bisa mengoper HP tersebut sesuai dengan giliran pemain lainnya, Pro!

Game Terbaik di Android yang Cocok Untuk Mabar

Nah, untuk kamu yang bosan hanya bermain domikado ketika kumpul bareng teman, daftar game Android di atas bisa jadi alternatif. Tapi, pastikan bahwa teman kamu sudah download game tersebut sebelumnya, karena beberapa game di atas seperti Genshin Impact memiliki ukuran yang lumayan besar, Pro!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.