Publisher Theme
I’m a gamer, always have been.

Game Terpopuler Di Indonesia Saat Ini

0 147

Pro, apakah kamu tipe orang yang suka ikut mencicipi apapun game terpopuler saat ini? Main game online memang garing kalau pemainnya sepi, jadi wajar kalau kamu selalu berpaling ke game yang saat ini sedang trending.

Salah satu parameter kesuksesan game online adalah dari berapa banyak pemain masih aktif memainkan game tersebut. Pro juga pasti agak segan ketika ingin berkomitmen ke game yang playerbase-nya sudah sekarat, karena itu biasanya pertanda bahwa game tersebut sudah mau bubar.

Daftar Game Terpopuler di Indonesia Saat Ini

Untungnya, mayoritas game terpopuler di Indonesia saat ini masih belum menunjukkan adanya tanda-tanda kelesuan. Dengan industri Esport  yang juga semakin booming akibat pandemi COVID-19, bisa dibilang bahwa pasar game online malah semakin merajalela di 12 bulan terakhir.

Nah, untuk Pro yang mencari rekomendasi game untuk sesi mabar atau sekedar mengisi waktu, kamu bisa cek daftar game online terpopuler di Indonesia berikut!

Call of Duty: Mobile

Salah satu game terpopuler yang namanya pasti sudah tidak asing di kalangan gamer adalah Call of Duty. Pertama kali muncul di PC pada tahun 2003, seri ini akhirnya bersinggah di pasar game mobile melalui Call of Duty: Mobile pada tahun 2019.

Untungnya, migrasi ke dunia game mobile sama sekali tidak mengurangi keseruan main game Call of Duty. CoD: Mobile masih menggunakan gameplay first-person shooter yang sama dengan versi PC atau konsol dan bahkan juga menggunakan map atau area permainan yang sama.

Selain dengan mode game klasik seperti Team Deathmatch, CoD: Mobile juga memiliki mode game unik lainnya seperti Prop Hunt. Dengan menggunakan format Season atau musiman, Pro dijamin tidak akan cepat bosan karena Activision selaku pengembang rutin menambahkan konten baru tiap musimnya.

Selain itu, Cod: Mobile juga membawa inovasi sendiri melalui mode battle royale yang lumayan komprehensif. Untuk Pro yang sedang mencari game tembak-tembakan seru untuk melepas stress, Pro tidak akan bisa menemukan pilihan lebih baik dibandingkan CoD: Mobile.

League of Legends: Wild Rift

Dengan pasar game MOBA yang sudah didominasi Mobile Legends, sulit bagi game MOBA lain untuk bisa sukses di sini. Tapi, game League of Legends: Wild Rift bisa mematahkan stigma tersebut dan mungkin bisa saja merebut tahta game nomor 1 yang saat ini masih dipegang Mobile Legends.

Pertama kali dirilis di PC pada tahun 2009, League of Legends sebenarnya bukan nama baru di dunia game MOBA. Sebelumnya, Riot Games selaku pengembang game ini beranggapan bahwa mustahil untuk membawa League of Legends ke format game mobile sebelum akhirnya berpindah haluan.

Di akhir tahun 2020, mereka akhirnya merilis Wild Rift yang dengan cepat menjadi salah satu game terpopuler di Android. Menggunakan Champion dan gameplay yang tidak berbeda jauh dengan versi PC, Pro yang sudah berpengalaman main League of Legends dijamin tidak akan kebingungan.

Untuk yang baru bergabung juga tidak akan merasa kebingungan karena Wild Rift memiliki tutorial yang lengkap dan mudah diikuti. Meskipun begitu, Wild Rift tetap menantang karena secara keseluruhan memiliki gameplay yang setingkat lebih kompleks dibandingkan Mobile Legends.

Bagi Pro yang mungkin sudah bosan dengan game Mobile Legends, mungkin ini saatnya untuk berpindah aliran ke Wild Rift.

PUBG Mobile

Sebagai pelopor genre game battle royale, PUBG secara tidak langsung adalah dedengkot dari game battle royale lainnya. Tanpa kehadiran PUBG, tidak akan ada game battle royale seperti Free Fire, Fortnite, dan Apex Legends Mobile yang baru akan dirilis.

Game online PUBG pertama kali dirilis di PC pada awal 2017 dan akhirnya meloncat ke Android melalui game PUBG Mobile 1 tahun kemudian.

Terinspirasi dari film Jepang berjudul sama, battle royale merujuk ke sebuah game yang menggunakan konsep last man standing dengan jumlah pemain yang sangat banyak. Di PUBG Mobile, 100 pemain akan dilempar ke satu area besar dan permainan tidak akan berakhir sampai hanya ada 1 pemain yang tersisa.

Pro harus menggunakan senjata yang kamu temukan di area permainan untuk bertahan hidup selama mungkin. Konsep unik inilah yang dengan cepat membuat PUBG Mobile menjadi salah satu game terpopuler dan melahirkan genre battle royale.

Untuk Pro yang tertarik mencicipi PUBG Mobile, pastikan bahwa kamu memiliki HP yang mumpuni, ya! PUBG Mobile memiliki reputasi sebagai salah satu game yang dapat membuat HP kentang menjadi tidak berkutik.

Garena Free Fire

Dirilis setelah PUBG versi PC tapi sebelum PUBG Mobile, bisa dibilang bahwa PUBG Mobile  sebenarnya kecolongan oleh game Free Fire. Tapi jangan salah, game Free Fire tidak hanya sekedar menjiplak konsep dari PUBG karena game ini membawa inovasi sendiri ke genre battle royale.

Terinspirasi dari sistem hero yang ada di game MOBA, Free Fire memiliki sederetan karakter unik yang masing-masing memiliki skill dan kelebihan tersendiri. Bagi Pro yang suka bermain Squad, pemahaman untuk karakter dan perannya di game bisa menjadi kunci kemenangan tim kamu.

Sebagai contoh, ada Chrono yang dapat menciptakan kubah pelindung untuk melindungi dia dan rekan setimnya. Karakter yang terinspirasi dari Cristiano Ronaldo ini bisa menjadi karakter support yang ampuh saat terjadi baku tembak di Free Fire.

Selain itu, game online Free Fire memiliki spesifikasi yang jauh lebih bersahabat dibandingkan PUBG Mobile. Memang Free Fire memiliki kualitas grafis yang lebih rendah serta hanya dibatasi di 50 pemain saja. Tapi, untuk kamu yang menggunakan HP kentang, pastinya tidak akan keberatan, kan?

Di tahun 2019, bahkan Free Fire berhasil menjadi game nomor 1 yang paling banyak didownload. Bahkan Mobile Legends juga tidak pernah mendapatkan gelar tersebut.

Clash of Clans

Kualitas itu tidak mengenal waktu. Buktinya bisa Pro lihat di game online Clash of Clans yang sampai sekarang masih menjadi salah satu game terpopuler di dunia.

Di game strategi Clash of Clans, Pro akan berperan sebagai kepala desa yang harus mempertahankan desa milikmu dari ancaman kepala desa lainnya. Dengan menyerang desa milik pemain lain, kamu bisa mengumpulkan beragam sumber daya untuk terus mengembangkan desa milikmu.

Tapi, perang bukan jalan satu-satunya untuk mencapai kejayaan di game ini. Kamu juga bisa menggunakan jalur diplomasi dan membangun aliansi dengan pemain lain dan membentuk sebuah Clan.

Sesuai dengan nama game Clash of Clans, kamu dan anggota Clan lainnya juga bisa ikut berpartisipasi dalam Clan Wars. Di sini, kamu akan berhadapan dengan Clan lainnya dalam memperebutkan sumber daya yang ada.

Berkat kesuksesan Clash of Clans, pengembang Supercell juga telah membuat beberapa game spin off yang juga berhasil populer. Salah satu game tersebut adalah Clash Royale yang ikut andil dalam ajang Asian Games 2018 sebagai cabang olahraga demonstrasi.

Genshin Impact

Gelar game nomor 1 di tahun 2020 tidak lain dan tidak bukan jatuh ke Genshin Impact yang dirilis sekaligus untuk PC, PS4, serta Android dan iOS. Dirilis di bulan September 2020, Genshin Impact dengan cepat menjadi salah satu game terpopuler di dunia dan sudah diunduh sebanyak 60 juta kali.

Dengan latar dunia fantasi Teyvat, Genshin Impact memiliki kualitas grafis yang sangat memukau. Entah kamu sedang mendaki tebing tinggi di Liyue atau beristirahat di Kuil Sangonomiya di Inazuma, mata kamu pasti akan dimanjakan dengan puluhan pemandangan indah yang bisa dilihat di game ini.

Obat mata lainnya juga bisa kamu lihat dapatkan di sejejaran karakter yang ada di Genshin Impact. Dari Kamisato Ayaka, sang ahli waris Keluarga Kamisato yang kalem, sampai ke Kaeya, anggota Ksatria Favonius yang suka iseng, game ini penuh dengan karakter berpenampilan menarik.

Selain dari segi visual, game RPG ini juga dibekali dengan gameplay yang tidak kalah menarik. Contohnya, kamu dapat menggunakan Wind Glider untuk bisa menjelajahi daratan Teyvat yang luas dan berbukit-bukit.

Dari segi combat, Genshin juga memiliki sistem interaksi elemen yang menarik. Sebagai contoh, kamu bisa membasahi lawan menggunakan elemen Hydro dan membekukan lawan tersebut dengan menggunakan elemen Cryo setelahnya.

Dengan visual dan gameplay yang menarik, tidak heran game ini menjadi salah satu game nomor 1 di tahun 2020.

Minecraft

Seperti Clash of Clans, Minecraft adalah salah satu game yang sudah uzur tapi tetap populer. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2011 dengan nama Minecraft di PC dan dengan nama Minecraft: Pocket Edition untuk Android dan iOS.

Sekarang, Minecraft versi Android kurang lebih sudah menyamai versi konsol dan PC sehingga embel-embel Pocket Edition sudah dihapus. Bagi Pro yang belum pernah mencicipi game ini, Minecraft adalah game sandbox yang memberikan kebebasan penuh bagi pemain.

Disebut sandbox karena game Minecraft mengikuti konsep kotak pasir (sandbox) untuk anak-anak. Alih-alih memiliki struktur yang kaku, Minecraft membiarkan pemain untuk bertindak sesuka hati layaknya anak-anak di kotak pasir.

Menggunakan sumber daya yang ada di area permainan, pemain bisa memilih untuk membangun rumah atau menjelajahi dunia kotak-kotak Minecraft yang unik. Dengan tidak adanya kondisi menang atau kalah, pemain tetap bisa terus bermain sampai kamu benar-benar bosan.

Untuk yang berjiwa kreatif, kamu juga bisa mencoba Creative Mode yang tersedia di game ini. Mirip dengan The Sims, di mode ini kamu bebas membangun struktur apapun menggunakan blok yang ada di Minecraft.

Roblox

Jika kamu masih duduk di bangku sekolah, maka besar kemungkinan banyak teman kamu yang aktif bermain Roblox. Yep, game sandbox yang satu ini memang sangat populer di kalangan anak meskipun sebenarnya agak kurang tepat untuk menggambarkan Roblox sebagai sebuah game.

Di prakteknya, Roblox lebih tepat dijabarkan sebagai alat untuk membuat game berkat fitur kustomisasi yang tersedia untuk pemain. Menggunakan imajinasi kamu sendiri, Pro dapat menciptakan game apapun di dalam wadah Roblox itu sendiri.

Contohnya, salah satu game yang paling populer di Roblox adalah game Adopt Me. Sesuai dengan namanya, Adopt Me adalah game manajemen di mana pemain bertugas untuk menjaga binatang peliharaan dari lahir sampai dewasa.

Ada juga game simulasi Brookhaven yang menempatkan pemain sebagai salah satu penghuni kota bernama sama. Di Brookhaven, kamu dapat memiliki kehidupan sendiri jauh dari pandemi COVID-19 yang saat ini masih meneror kehidupan nyata.

Banyak game di Roblox memang bersifat wholesome sehingga menjadi favorit anak-anak.

Among Us

Dari meme yang bertebaran di media sosial dan kata ‘sus’ (dari suspicious atau mencurigakan) yang sekarang menjadi bagian kamus kita, 2020 memang tahunnya game Among Us. Bahkan, Among Us berhasil menjadi game nomor 1 di kategori ‘Best Multiplayer Game’ pada ajang The Game Awards 2020.

Dengan konsep social deduction menyerupai game klasik Werewolf, Among Us berhasil menarik perhatian gamer di seluruh dunia. Di game ini, kamu akan berperan sebagai sekelompok astronot atau Crewmate yang mencoba bertahan hidup di sebuah markas luar angkasa.

Tapi, tersembunyi di antara astronot tersebut adalah alien bernama Impostor yang malah harus membunuh Crewmate satu-persatu. Singkatnya, Among Us adalah game kucing-kucingan antara Crewmate dan Impostor yang penuh intrik.

Meskipun simpel, game ini bisa menjadi seru dan konyol ketika kamu bermain bersama teman terdekat kamu. Pengembang Innersloth juga sudah berkomitmen untuk menambah konten baru seperti map tambahan sejak popularitas game Among Us mencuat.

eFootball PES 2021

Dari jaman rental PS sampai sekarang di HP, game sepakbola PES (Pro Evolution Soccer) memang selalu rutin menjadi pemersatu bangsa. Game FIFA memang lebih merajalela di panggung global, tapi di Indonesia, seri game PES buatan Konami selalu mendominasi.

Setelah bertahun-tahun terperangkap di konsol dan PC, seri game PES akhirnya menyambangi dunia mobile melalui eFootball PES 2020. Memasuki musim sepakbola baru, game tersebut akhirnya menerima update baru dan berubah menjadi eFootball PES 2021.

Secara keseluruhan, eFootball PES 2021 masih tidak banyak berubah dari PES yang sudah kamu kenal sebelumnya. Dibandingkan FIFA, PES memiliki gerakan yang lebih realistis dan gameplay yang lebih kompleks sementara FIFA biasanya memiliki fitur yang lebih komprehensif.

Punishing: Gray Raven

Tahun lalu, Genshin Impact berhasil menetapkan standar baru di game mobile dengan kualitas grafis dan gameplay yang setara dengan konsol. Di tahun ini, Punishing: Gray Raven berhasil menjadi game pertama yang memenuhi standar tersebut.

Mengusung genre action RPG, di game ini kamu akan berperan sebagai pemimpin anggota pasukan elit Gray Raven. Pasukan elit ini beranggotakan sejumlah cyborg yang dijuluki Constructs dan merekalah yang akan kamu langsung kendalikan di medan pertempuran.

Meskipun tidak memiliki dunia luas nan indah seperti Teyvat, Punishing: Gray Raven memiliki sistem combat yang jauh lebih apik. Jika kamu pernah bermain game action di konsol seperti Bayonetta atau Devil May Cry, Punishing: Gray Raven banyak mengambil inspirasi dari game tersebut.

Untungnya, Punishing: Gray Raven juga memiliki spesifikasi yang sangat bersahabat dan game ini bisa dimainkan lancar di HP kentang sekalipun. Berbeda dengan Genshin yang cenderung membuat HP kentang langsung panas sekejap.

Asphalt 9: Legends

Dari sejak jamannya HP menggunakan sistem operasi Symbian, seri game balapan Asphalt memang sudah melekat reputasinya dengan game HP. Nah, game terbaru dari seri ini adalah Asphalt 9: Legends yang pertama kali dirilis di tahun 2018.

Seperti game Asphalt sebelumnya, Asphalt 9: Legends adalah game arcade racer yang mengutamakan aksi berlebihan. Jika kamu mengharapkan tipe balapan seperti Formula 1, kamu datang ke tempat yang salah karena Asphalt memiliki lebih banyak kemiripan dengan Fast & Furious.

Contohnya, mobil kamu di Asphalt memiliki stok nitrous yang berlimpah dan kamu bisa melakukan barrel roll dengan mobilmu di udara. Terlebih lagi, kamu dapat melakukan drift apik di kecepatan 200 km/h tanpa harus takut kehilangan kendali mobil kamu.

Semua aksi gila-gilaan di game ini untungnya juga diimbangi dengan grafis yang tidak kalah memukau. Tidak heran mengapa Asphalt selama bertahun-tahun selalu menjadi game nomor 1 di Android dan iOS dalam kategori balapan.

Fruit Dart

Pro tertarik untuk bermain game yang juga memberikan hadiah langsung selain sebagai pelepas stres? Berarti kamu harus mencoba game kasual Fruit Dart di Aplikasi MPL!

Fruit Dart adalah satu dari segudang game ringan nan menantang yang bisa kamu temukan di MPL. Seperti namanya, di game ini kamu harus memotong buah yang muncul dengan melemparkan pisau yang ada di bawah layar.

Terkesan mudah, tapi Pro juga harus menghindari bom yang kemunculannya tidak bisa ditebak. Salah mengenai bom 1 kali saja, maka permainan akan berakhir.

Untuk bisa menang di game ini, kamu harus bisa mencetak skor setinggi mungkin. Pro dapat memperoleh bonus skor jika berhasil memotong lebih dari 1 buah bersamaan hanya dengan melempar 1 pisau.

Jika Pro sudah pede dengan koordinasi tangan dan mata kamu, kehadiranmu sudah ditunggu di game Fruit Dart.

Speed Chess

Satu lagi game populer di aplikasi MPL adalah Speed Chess. Untuk Pro yang berambisi menjadi pecatur yang bisa menyaingi sosok Magnus Carlsen, kamu wajib menunjukkan kemampuanmu di game ini.

Seperti namanya, Speed Chess adalah varian dari catur klasik yang menggunakan format catur cepat. Setiap pemain hanya memiliki total waktu 4 menit untuk memikirkan langkah mereka, dengan bonus 2 detik setiap giliran selesai.

Selain pemahaman kamu tentang strategi pembukaan dan endgame catur yang akan diuji, kamu juga akan dituntut untuk bisa berpikir cepat.

Pool Champs

Untuk Pro yang sudah kangen mengunjungi tempat main billiard, kamu bisa mengobati rasa kehilangan kamu dengan main Pool Champs di MPL. Menggunakan format permainan 8 Ball standar, kamu bisa mengadu strategi dan keahlian shotmaking melawan pengguna MPL lainnya.

Di Pool Champs, pemenang akan ditentukan oleh siapa yang berhasil memasukkan bola 8 pertama kali. Tapi, sebelum kamu bisa mengincar bola 8, kamu harus memasukkan semua bola sesuai kategori yang kamu dapatkan antara bola solid (bola 1 – 7) atau stripe (9-15).

Di game ini, kamu juga harus bisa berpikir beberapa langkah ke depan dan memposisikan cue ball agar bisa dengan mudah menyerang bola selanjutnya.

Rekomendasi Game Terpopuler di Indonesia

Nah, untuk Pro yang sedang mencari komunitas game online yang masih aktif, kamu dapat menggunakan daftar game terpopuler di atas sebagai referensi. Entah itu mencari teman push rank atau sekedar mabar untuk melepas stres, memang main game online kurang afdol kalau cuma sendirian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.