Game Kartu Online Gratis Terbaik Untuk Android & iOS

Game kartu (card game) tak pernah ada habisnya. Sedari dulu, permainan kartu (offline) selalu menjadi ajang hiburan sederhana bagi semua kalangan. Maka tak heran jika berbagai jenis game kartu yang bisa dimainkan secara online tanpa mengurangi keseruan dan tetap mempertahankan aturan seperti aslinya.

Di sisi lain, card game tak hanya mengacu pada jenis permainan kartu konvensional yang selama ini kita kenal. Sejumlah game atau aplikasi menggunakan kartu sebagai gameplay tetapi memiliki karakter dan aturan yang jauh berbeda dari permainan kartu konvensional atau dikenal dengan istilah TCG (Trading Card Game).

Mari kita golongkan dua jenis game kartu online, yaitu jenis game klasik atau tradisional yang bisa dimainkan lewat aplikasi, dan game modern dengan gameplay menggunakan kartu.


Game Kartu Klasik

Berikut lima game yang menggunakan jenis kartu tradisional (♠️♣️♥️♦️).

1. Solitaire

Game kartu pertama ini sepertinya hampir semua orang sudah tahu. Sejak jaman komputer masih memakai monitor tabung, tak sedikit orang memainkan solitaire secara digital.

Seiring perkembangannya, solitaire kini tak hanya bisa dimainkan secara digital tetapi juga online. Salah satu card game tertua ini bisa kamu mainkan di Aplikasi MPL, Pro.

Bahkan, game solitaire di MPL memiliki hadiah setiap harinya. Bukan sembarangan hadiah, saat  mengikuti kompetisi atau kontes, kamu berkesempatan untuk menang Berlian Kemenangan (💎) yang bisa ditukarkan menjadi saldo e-wallet, lho.

2. Uno

Meski memiliki aturan permainan yang termasuk modern, Uno ternyata sudah ada sejak tahun 1970-an. Meski begitu, Uno mungkin baru tenar di Indonesia pada awal tahun 2010-an.

Seketika Uno menjadi alternatif permainan kartu semua orang selain pendahulunya. Seperti halnya permainan kartu lain, Uno juga membutuhkan 2-4 orang bahkan bisa lebih untuk bermain.

Dalam perkembangannya, Uno sekarang ini sudah berkembang menjadi salah satu card game online yang bisa langsung dimainkan kapan saja. Bahkan saat tidak ada teman untuk bermain karena bisa melawan AI (Augmented Intelligence) atau komputer.

3. 21 Puzzle

Game ketiga berbasis kartu berikutnya kembali berasal dari Aplikasi MPL. Meski menggunakan jenis kartu konvensional, 21 Puzzle seperti namanya, merupakan game yang menguji ketangkasan kamu dalam menyusun kartu untuk meraih skor 21. Artinya, 21 Puzzle mengadaptasi aturan dari Blackjack.

Kamu juga perlu berpacu dengan waktu agar bisa meraih skor akhir tinggi dan mengalahkan lawan main, Pro. Ditambah lagi, sama halnya seperti solitaire, 21 Puzzle juga punya kontes yang punya hadiah Berlian Kemenangan setiap harinya dan tak perlu repot-repot mencari lawan.

4. Texas Hold ‘Em

Permainan kartu ini mungkin jadi yang paling banyak pemainnya di antara jenis poker lainnya. Untuk bisa memainkan game ini, Pro sekarang ini hanya perlu download aplikasinya bisa melalui Play Store atau Appstore.

Texas Hold’Em mulai populer di awal tahun 2000-an. Card game ini selalu menjadi salah satu game yang banyak peminatnya karena membutuhkan strategi dan menguji mental setiap pemain.

5. Blackjack Online

Blackjack merupakan jenis permainan kartu yang tak kalah populer dengan poker. Seperti yang telah sempat disebutkan di atas, pada dasarnya para pemain dalam permainan ini perlu meraih poin 21 atau yang paling mendekati untuk bisa menang.

Bedanya dengan 21 Puzzle, Blackjack online menggunakan sistem yang sama ketika bermain offline. Artinya, pemain bermain di satu meja yang sama dan akan mendapat kartu dari pembagi kartu (dealer).


Game Kartu Modern

Nah, untuk lima game berikut ini tidak mengadaptasi permainan kartu konvensional meski masih menggunakan kartu sebagai gameplay-nya atau dikenal dengan atau Trading Card Game (TCG).

TCG sempat ramai di awal tahun 2010-an. Meski begitu, tak sedikit mobile gamer yang jadi penggemar sejati jenis card game berikut dan masih aktif bermain.

1. Hearthstone

Hearthstone merupakan salah satu card game yang paling populer dan termasuk yang pertama muncul. Para pemainnya tersebar di seluruh dunia dan bahkan memiliki komunitas sendiri. Pro bisa menemukan para pemain setia Hearthstone seperti di Twitch dan Youtube.

Daya tarik utama TCG satu ini adalah kamu bisa menemukan ratusan jenis kartu berbeda dengan fungsinya masing-masing. Ini membuat permainan jadi tak membosankan.

Kamu bisa bermain card game yang dirilis tahun 2014 ini secara gratis. Bahkan tak hanya di smartphone, Hearthstone bisa dimainkan di PC juga.

2. Legends of Runeterra

Pro, suka main game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)? Jika iya, kamu mungkin tahu atau setidaknya pernah mendengar League of Legends (LoL). Nah, Legends of Runeterra merupakan TCG yang mengadaptasi karakter dan skill dari League of Legends.

Gamer kartu ini terbilang cukup baru dan berasal dari developer yang sama seperti LoL, yaitu Riot Games. Pemain perlu mengumpulkan berbagai kartu dengan karakter berbeda-beda.

Setiap kartu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Legends of Runeterra akan menguji skill dalam menyusun strategi dengan deretan kartu terbaik.

3. Magic: The Gathering Arena

Magic: The Gathering merupakan gamer kartu yang awalnya dimainkan secara offline hasil ciptaan Richard Garfield. Kemudian permainan ini mendapat digitalisasi dan menjadi game TCG dengan nama Magic: The Gathering Arena.

Card game ini dirilis oleh Wizards of the Coast pada tahun 2013 dan seketika menjadi salah satu game kartu terpopuler pada masanya. Sistem bermain game ini pada dasarnya sama, yaitu dengan mencari kartu terbaik dan menyusunnya untuk kemudian menantang pemain lain secara online.

4. Yu-Gi-Oh! Duel Links

Hampir mirip dengan Legends of Runeterra, Yu-Gi-Oh! Duel Links melakukan adaptasi karakter dan berbagai fungsi setiap kartunya. Bedanya, Yu-Gi-Oh! Duel Links mengadaptasi serial anime jepang yang memiliki judul atau nama yang sama.

Bagi para penggemar animenya, game kartu ini mungkin hampir pasti akan dimainkan atau setidaknya sudah terinstal di smartphone. Kamu akan bernostalgia dengan berbagai jenis kartu dan karakter-karakter yang ada dalam anime yang sudah tayang sejak lama ini.

Bahkan ada turnamen yang bisa kamu ikuti jika ingin mencari tantangan lebih.

5. Pokemon TCG Online

Dalam satu dekade terakhir, Pro mungkin akan menemukan berbagai jenis game yang mengadaptasi serial Pokemon. Nah, salah satunya ada yang berjenis TCG juga, yaitu Pokemon TCG Online.

Game kartu ini menggunakan sistem permainan tradisional, artinya pemain dapat mengumpulkan karut dan menyusunnya untuk kemudian bertanding dengan pemain lain. Sama halnya seperti di serial aslinya, bertanding dengan trainer (sebutan pemilih Pokemon) lain.

Pro, mana card game favoritmu? Jika ingin main game berhadiah, solusinya yaitu pilih game kartu yang ada di Aplikasi MPL ID.

Tak hanya card game, kamu juga akan menemukan berbagai jenis game lainnya dan tentu saja memiliki tantangan tersendiri, Pro.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x