Ayo Nostalgia Dengan Pilihan Game Jadul Android Berikut!

Pro, apakah kamu adalah tipe orang yang suka menghidupkan kembali masa bahagia kamu saat kecil dengan bermain game jadul? Bukan cuma kenangan sama mantan saja yang pantas diingat, karena banyak game jadul yang sampai sekarang masih dianggap legendaris.

Meskipun jaman sekarang sudah banyak game yang memiliki kualitas grafis aduhai atau game Esport seru seperti game MOBA, banyak juga game jadul yang kualitasnya tidak termakan waktu. Bahkan, banyak juga game jadul yang kasarnya menerima ‘operasi plastik’ di abad 21 ini, lho!

Berkat adanya gelombang vintage atau retro yang sampai sekarang masih mewabah, sekarang Pro bisa memainkan game jadul dengan mudah. Dari remake game klasik sampai game yang blak-blakan terinspirasi game klasik, banyak permainan jadul yang bisa kamu temukan di Android.

1. Pac-Man

game jadul pac-man
Sumber: pixabay.com

Siapa sih, yang tidak kenal dengan sosok kuning yang dulu sempat menjadi legenda di tahun 1980-an? Ketika pertama kali dirilis di tahun 1980 oleh Namco, game jadul Pac-Man langsung sukses besar dan sampai sekarang masih banyak disebut sebagai salah satu game terbaik di sejarah.

Untuk Pro yang masih asing, Pac-Man adalah sebuah game maze chase di mana pemain akan mengendalikan tokoh Pac-Man itu sendiri untuk memakan semua butiran yang ada. Ketika memainkan game ini, kamu akan dikejar-kejar oleh 4 hantu di area permainan yang berbentuk labirin.

Jika salah satu hantu tersebut berhasil menangkap pemain, kamu akan kehilangan satu nyawa di game. Jadi, kamu harus main kucing-kucingan dan menghindari hantu tersebut sambil memakan semua butiran yang ada untuk menyelesaikan level.

Selain butiran biasa, ada juga butiran spesial bernama Energizer di game yang akan melemahkan semua hantu selama sementara. Ketika dalam kondisi ini, mereka akan berubah warna menjadi warna biru tua dan bahkan bisa kamu makan juga, Pro!

Di Android sendiri, ada beberapa versi game jadul ini yang bisa dimainkan. Ada Pac-Man dengan gameplay yang masih mengikuti versi klasik dan ada Pac-Man 256 yang menggabungkan konsep game Pac-Man dengan game endless runner.

2. Galaga Wars

galaga wars
Sumber: Google Play Store

Di era tahun 80-an, developer Namco dari Jepang banyak mencetak game arcade legendaris yang sampai sekarang masih banyak dipuji. Salah satunya adalah Galaga, game tembak-tembakan yang konsepnya terinspirasi dari game Space Invaders.

Memang konsepnya tidak orisinil, tapi Galaga tetap berhasil memukau dunia saat dirilis karena memiliki kualitas gameplay dan grafik yang lumayan mumpuni. Di game ini, pemain akan berperan sebagai pilot pesawat angkasa yang harus menghadang invasi pasukan alien Galaga.

Sekarang, kamu bisa nostalgia kembali dengan memainkan game Galaga Wars yang tersedia di Android. Meskipun gameplay dasarnya masih sama, Galaga Wars memiliki tampilan yang jauh lebih ciamik dan lebih sesuai untuk game abad 21.

Selain itu, kamu juga memiliki beberapa pilihan pesawat lain yang terinspirasi dari game jadul Namco lainnya, seperti Xevious yang sama-sama ikonik. Pemain juga bisa mengumpulkan koin yang dapat digunakan untuk meningkatkan kapabilitas pesawat kamu di game, lho!

3. Super Mario Run

super mario run
Sumber: Google Play Store

It’s-A Me, Mario! Tukang pipa berkumis tebal legendaris dari Nintendo ini pastinya sudah tidak perlu perkenalan lagi, kan? Sejak game Super Mario Bros pertama kali dirilis di tahun 1985, seri game Mario sudah tumbuh menjadi salah satu seri game paling ikonik di sejarah.

Dengan dirilisnya Super Mario Run di Android, sekarang kamu juga sudah tidak perlu membeli konsol Nintendo Switch untuk bisa memainkan seri game legendaris ini! Jika dibandingkan dengan versi konsolnya, Super Mario Run memiliki beberapa perubahan agar bisa dimainkan dengan satu tangan saja.

Mirip dengan game endless runner, di sini Mario otomatis akan berlari sendiri tanpa input dari pemain. Kamu hanya bisa mengatur loncatan Mario dan menghindari rintangan atau musuh yang ada dengan menyentuh layar.

Tapi, perubahan ini malah berdampak positif, karena berhasil membuat game Super Mario Run lebih mudah dimainkan meskipun tetap menantang. Visual dan musik yang digunakan juga masih sama dengan game Mario lainnya, jadi Pro pemain tidak akan merasa kehilangan!

Selain dari Mario itu sendiri, pemain juga bisa bermain sebagai karakter ikonik lainnya seperti saudara Mario, Luigi, yang memiliki karakteristik berbeda ketika dimainkan.

4. Chrono Trigger

chrono trigger
Sumber: Google Play Store

Pro, apa jadinya jika developer Square yang berjasa membuat seri RPG legendaris Final Fantasy berkolaborasi dengan mangaka Akira Toriyama yang membuat Dragon Ball? Kolaborasi ini sudah pernah terjadi lho, tepatnya di tahun 1995 melalui game Chrono Trigger.

Ketika pertama dirilis di konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES), Chrono Trigger banyak menuai pujian. Selain dari kualitas grafik dan gameplay yang mumpuni, game ini juga memiliki cerita menarik yang berputar di konsep time travel.

Ketika bermain game jadul yang satu ini, kamu akan mengikuti perjalanan Crono dkk yang tiba-tiba terlempar ke masa lalu. Selama bertualang, kamu juga nanti bisa mengarungi waktu dari zaman dinosaurus sampai ke masa depan yang dipenuhi oleh robot.

Berkat reputasi legendaris ini, Chrono Trigger sudah beberapa kali dirilis kembali. Di tahun 2008, game populer ini kembali muncul di konsol Nintendo DS, dan di tahun 2011, permainan ini akhirnya dirilis untuk Android.

Meskipun game ini merupakan game berbayar, uang kamu dijamin tidak akan sia-sia, Pro! Pemain pasti akan terbuai dengan cerita menarik dari game ini serta dari alunan soundtrack apik dari komposer  Yasunori Mitsuda.

5. Bloxmash

bloxmash

Semua orang, dari bocah sampai lansia, pasti sudah kenal dekat dengan nama game Tetris. Permainan menyusun balok yang satu ini memang sudah memiliki reputasi sebagai salah satu game paling populer di sejarah.

Nah, untuk Pro yang ingin nostalgia dengan game ikonik ini, sekarang kamu bisa bermain game balok susun Bloxmash! Menggabungkan konsep Tetris dengan Esport, di sini kamu bisa mengadu skill secara online dengan pemain lainnya, lho.

Secara garis besar, Bloxmash masih mengusung gameplay yang sama dengan pendahulunya. Di sini, pemain harus bisa membentuk garis horizontal menggunakan balok-balok yang jatuh di layar. Pemain juga akan mendapatkan bonus poin jika berhasil menyusun lebih dari satu garis sekaligus.

Setiap garis yang terbentuk akan langsung menghilang dari layar, dan pemain harus bisa mencegah balok agar tidak memenuhi layar. Terkesan mudah, tapi seiring dengan berjalannya permainan, kecepatan jatuhnya balok akan menjadi semakin lebih cepat.

Sebagai salah satu game yang ada di Aplikasi MPL, kamu juga berkesempatan meraih Berlian Kemenangan saat bermain. Nantinya, Berlian ini bisa kamu tarik menjadi hadiah menarik seperti pulsa gratis atau bahkan saldo GoPay dan LinkAja, lho!

6. Horizon Chase

horizon chase
Sumber: Google Play Store

Nama Top Gear sekarang memang lebih dikenal sebagai serial televisi otomotif asal Inggris Raya. Tapi, untuk gamer era tahun 1990-an, nama Top Gear lebih dikenal sebagai seri racing game jadul di konsol SNES yang dulu banyak dimainkan oleh fans.

Nah, untuk Pro yang dulu juga suka bermain Top Gear, kamu bisa mengobati rasa nostalgia kamu dengan game Horizon Chase untuk Android. Berbeda dengan game balap mobil modern, Horizon Chase memang sengaja menggunakan gaya visual dari era 1990-an.

Sekilas, estetik yang digunakan itu mirip dengan gambar ‘pemandangan dua gunung’ yang banyak ditemukan di antara anak TK. Selain itu, developer Aquiris Game Studio juga bekerja sama dengan Barry Leitch, komposer yang dulu menangani musik di seri game Top Gear.

Walhasil, game Horizon Chase memang sangat pantas untuk disebut sebagai spiritual successor dari game Top Gear. Untungnya, keseruan yang ditawarkan juga tidak kalah dengan pendahulunya.

Di game ini, kamu akan diajak mengelilingi dunia dan balapan dengan latar-latar mengagumkan seperti patung Moai di Pulau Paskah atau di bawah letusan abu gunung Eyjafjallajökull di Islandia.

Namanya kualitas memang pasti tidak akan dibuat usang karena waktu, Pro. Seperti sepatu kulit berkualitas yang bisa bertahan seumur hidup, daftar permainan jadul di atas tetap asik dimainkan meskipun umurnya sudah puluhan tahun!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x