Mau Jadi Game Developer? Kamu Wajib Memiliki Skill Berikut!

Sekarang, bukan cuma kerja di Unicorn atau jadi PNS saja yang bisa cuan, kerja di industri video game juga sekarang menjadi pilihan karir yang menjanjikan. Selain dari menjadi atlet Esport atau streamer profesional, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang game developer, Pro!

Seperti namanya, game developer adalah profesi yang tugasnya berputar di proses pembuatan sebuah game, baik itu game Android maupun konsol atau PC. Berbeda dengan profesi di bidang IT atau digital lainnya yang murni teknis, menjadi pengembang game membutuhkan keterampilan teknis dan kreativitas, Pro!

Daftar Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Game Developer Terbaik

Untuk Pro yang sekarang sedang duduk di bangku SMA atau kuliah, pasti kamu sudah mulai memikirkan apa pekerjaan kamu di masa depan, kan? Jujur, kamu yang hobi bermain game pasti memiliki hasrat terpendam untuk masuk ke dunia video game juga.

Kamu beruntung Pro, karena sekarang sudah banyak perusahaan Indonesia yang mulai berkecimpung di industri game. Di tahun 2021 ini, sudah ada beberapa game developer asal Indonesia yang karyanya diakui di panggung internasional, lho!

Nah, untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan sebagai game developer, kamu bisa mulai mengembangkan skill berikut!

Game Design

game design
Sumber: flickr.com

Dari semua pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan game, menjadi game designer mungkin adalah salah satu yang paling sulit, Pro! Ini dikarenakan bahwa game design itu sendiri sangat membutuhkan kreativitas dan bukan kemampuan yang bisa kamu pelajari.

Jika kamu berambisi mencari pekerjaan sebagai game designer, kamu harus memahami 3 pilar dasar dari game design itu sendiri. Ketiga pilar tersebut adalah gameplay, mekanika dari game itu sendiri, serta player experience, atau apa yang pemain rasakan ketika bermain game tersebut.

Game design itu sendiri merupakan tahap paling awal dalam proses pengembangan game dan seorang game designer berperan dalam menciptakan konsep untuk game itu sendiri. Biasanya, game designer juga ikut andil dalam proses pemrograman, jadi kamu tetap harus mahir menggunakan komputer.

Selain dari mengikuti beragam kursus game design yang ada saat ini, kamu juga bisa menimba ilmu dengan banyak main game, Pro! Entah kamu berusaha menciptakan konsep game yang benar-benar baru, atau kamu bisa memperbarui konsep yang ada di pasaran.

Untuk bisa mendalami game design dasar, kamu bisa melirik pada game-game arcade yang ada saat ini. Contohnya, kamu bisa melihat permainan potong buah Fruit Chop di Android yang meskipun konsepnya simpel, tetap menarik dan bikin ketagihan, Pro!

Programming

programming
Sumber: hippopx.com

Seperti di dunia teknologi, programmer itu berperan sebagai tulang punggung dalam proses pembuatan game, Pro. Banyak game developer ternama seperti Will Wright yang menciptakan seri The Sims atau pencipta Minecraft, Markus Persson, yang memulai karirnya sebagai programmer.

Jika game designer adalah arsitek, maka programmer itu adalah insinyur yang berperan untuk mewujudkan konsep dari game designer tersebut, Pro. Programmer ini biasanya dibagi lagi menjadi beberapa jenis tergantung dari spesialisasinya, Pro.

Contohnya, dalam pembuatan game online, umumnya ada programmer yang fokus di aspek network dan database agar game bisa tetap berjalan lancar. Ada juga programmer yang biasanya fokus di AI yang tugasnya adalah merancang lawan yang kamu temui di dalam game.

Khusus untuk game yang dirilis di berbagai platform, biasanya game developer juga akan memiliki tim spesifik untuk tiap platform. Android, iOS, PC, maupun konsol kan masing-masing memiliki arsitektur sistem yang berbeda, jadi game juga harus dioptimasi untuk platform-platform tersebut, Pro.

Meskipun sekarang sudah ada beragam jenis-jenis game engine yang bisa membantu tahap pembuatan game, programmer tetap harus mahir menggunakan bahasa pemrograman. Pekerjaan ini juga adalah yang paling banyak ditemukan, bahkan di Indonesia sekalipun.

3D Modelling

3d modelling
Sumber: pexels.com

Sebagai media yang mengandalkan elemen visual, pastinya perusahaan game developer juga membutuhkan kandidat yang handal dalam segi visual, Pro. Tapi, visual design di ranah game developer itu bukan tipe yang handal menggunakan Photoshop, lho.

Dengan game yang sekarang 90% sudah menggunakan grafis 3 dimensi, pekerjaan sebagai 3D modeller adalah yang paling banyak dicari. Sesuai namanya, 3D modeller adalah pekerjaan yang berperan dalam menghidupkan karakter-karakter yang bisa kamu lihat di dalam game.

Dari penampilan sampai cara bergerak, 3D modeller bertanggung jawab atas segala aspek yang berhubungan dengan estetik sebuah karakter. Uniknya, 3D modelling itu sendiri tidak cuma penting di pembuatan game, tapi juga banyak digunakan di film animasi, Pro.

Untuk pekerjaan 3D modelling juga menggunakan software sendiri yang berbeda dengan Photoshop. Salah satu yang paling terkenal adalah Autodesk Maya, tapi ada juga Blender yang bersifat open-source dan bisa kamu gunakan secara gratis, Pro.

Scriptwriting

script writing
Sumber pexels.com

Selain sebagai media hiburan, sebuah game juga bisa berfungsi sebagai media storytelling layaknya sebuah buku atau film. Nah, untuk game yang menitikberatkan pada aspek cerita, tentunya harus ada seorang penulis naskah yang ikut dalam tahap pembuatan game tersebut, Pro!

Terutama dengan game genre visual novel yang semakin marak di pasaran. Seperti namanya, game visual novel adalah game yang sangat mengandalkan teks sebagai metode penceritaannya.

Sebut saja game seperti Steins;Gate, game fiksi ilmiah kompleks yang menggunakan time travel sebagai konsep utamanya. Meskipun hanya sekedar game, Steins;Gate memiliki naskah yang kepadatannya sudah menyamai novel-novel populer, Pro.

Khusus untuk di Indonesia, penulis juga sering berperan sebagai penerjemah dari dan atau ke Bahasa Indonesia, Pro. Tapi, jadi penerjemah ini juga sulit, karena kamu harus memastikan bahwa makna yang terkandung dari bahasa aslinya tetap tersimpan setelah diterjemahkan.

Dalam praktek pembuatan game itu sendiri, penulis naskah biasanya banyak bekerja sama dengan game designer. Dikarenakan game adalah sebuah medium unik yang menggunakan aspek interaktif, beda dengan film dan buku yang pasif, sang penulis juga harus memahami konsep game design.

UI/UX Design

ux design
Sumber: pexels.com

Seperti halnya aplikasi ojek online, user interface (UI) atau user experience (UX) merupakan aspek yang selalu menjadi perhatian game developer. UI/UX ini adalah cara bagaimana pemain dapat mengetahui apa yang terjadi di dalam game.

Tanpa adanya UI/UX jelas, pemain pasti akan dibuat kalang-kabut dan akan bingung apa yang harus mereka lakukan saat main game. Apalagi di Android atau iOS yang memiliki ukuran layar jauh lebih kecil dibandingkan konsol atau PC, Pro.

Umumnya, UI/UX designer ini juga bekerja sama dengan penulis untuk memastikan bahwa konten yang ada di game itu enak dilihat. Atau ada juga UI/UX writer yang memang tugasnya adalah untuk menjamin kejelasan informasi yang disampaikan pada pemain.

Walhasil, untuk menjadi UI/UX designer terbaik di ranah game, kamu juga harus memahami game yang kamu mainkan. Soalnya, kamu harus bisa mengetahui informasi atau data apa yang lebih menjadi prioritas untuk disampaikan kepada pemain, Pro.

Project Management

project management
Sumber: unsplash.com

Bukan cuma skripsi saja yang ada deadline, pekerjaan sebagai game developer juga mau tidak mau harus berkutat dengan deadline, Pro. Terutama untuk game berskala besar yang rilisnya sudah ditunggu-tunggu oleh para gamer di seluruh belahan bumi.

Nah, untuk memastikan game dapat selesai tanpa waktu tanpa memaksa para tim developer lembur, tentunya pengembangan game wajib dipimpin oleh seorang manajer. Dalam konsep pengembangan game, tanggung jawab ini biasanya merupakan lingkup kerja produser game.

Meskipun produser tidak selalu berkontribusi langsung dalam pengembangan game itu sendiri, penting bagi produser untuk setidaknya memahami konsepnya. Jadi, ketika ada tim developer menemui masalah, produser dapat membantu memberikan solusi, Pro.

Kamu juga kalau kerja tapi manajer kamu tidak mengerti sama sekali apa yang kamu kerjakan, pasti ikut geram, kan? Dengan budget untuk game yang bisa menembus angka miliar atau triliunan rupiah, peran produser sangat penting untuk memastikan game selesai tepat waktu dan sesuai budget.

Selain itu, produser juga mengemban tanggung jawab penting dalam memastikan kesejahteraan para developer. Produser yang baik dapat memastikan bahwa crunching, atau istilah lembur gila-gilaan untuk mengejar deadline, bisa dihindari tanpa molor.

Kemampuan-Kemampuan yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Game Developer

Nah, untuk Pro yang ingin mencari pekerjaan sebagai game developer, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengasah kemampuan di atas. Dengan mulai banyaknya developer asal Indonesia seperti TOGE Productions, kamu juga tidak harus susah-susah keluar negeri, Pro!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x