Cari Teman Main Game: Bagaimana Pertemanan Terjalin Melalui Game

Tahukah kamu, kalau mencari teman main game kini sudah sangat mudah? Bagi sebagian orang, game kerap diidentikkan dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Contohnya bisa membuat orang jadi bodoh bahkan anti sosial.

Anggapan seperti ini mungkin memang ada benarnya. Tapi seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, game yang awalnya identik dengan hal negatif juga bisa memberi dampak positif seperti cari teman baru untuk ngobrol.

Aplikasi game online bisa jadi contoh menarik untuk membantu orang-orang bersosialisasi bahkan bisa menjadi aplikasi cari teman.

Fitur chat yang terdapat di beberapa aplikasi game memungkinkan pemainnya untuk saling berkomunikasi. Bukan cuma itu, lewat fitur multiplayer kamu juga bisa main game dengan player lain.

Perkembangan Dunia Game Hingga Masa Game Online

Era awal video game dimulai pada tahun 1972 saat konsol game pertama dibuat dan arcade game pertama kali diluncurkan.

Pada masa itu, game masih sangat sederhana. Grafisnya sendiri masih terlihat seperti titik-titik pixel berukuran besar. Pada tahun 1991, teknologi game semakin berkembang dan mulai terlihat lebih menarik, setidaknya dari sisi grafis.

Komunitas gamer pun dibuat semakin terpukau saat Sony menelurkan konsol game PlayStation pada tahun 1995.

Dengan grafis yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan konsol game lain di masanya, tidak butuh waktu lama bagi PlayStation untuk menjadi konsol game favorit di masa itu. Sejak saat itu, teknologi game mengalami perkembangan yang signifikan.

Game interaktif seperti “Dance Dance Revolution” mulai dilahirkan. Begitu juga dengan konsol game portabel seperti Gameboy Advance. Antara tahun 2006-2010, Steam memulai lahirnya marketplace game.

Pada masa ini jugalah, game online mulai bermunculan dan semakin populer, tidak terkecuali di Indonesia. Di era tersebut, Ragnarok Online jadi salah satu game online yang paling banyak dimainkan oleh gamer Indonesia.

Meski game ini lahir pada tahun 2001, popularitasnya di Indonesia baru meledak sekitar tahun 2005.

Selain Ragnarok Online, game-game lain seperti GunBound juga menjadi game online populer di tanah air. Sejak saat itu, popularitas game online terus menanjak.

Game-game online yang berjalan di platform PC terus bermunculan. Bahkan game konsol pun mulai terhubung ke internet dan bisa dimainkan secara multiplayer.

Namun saat memasuki era smartphone dan tarif internet jadi semakin murah, tren game online mulai bergeser. Dibandingkan dengan game konsol atau PC, sekarang game online, khususnya game yang berjalan di platform mobile (Android dan iOS) jauh lebih mendominasi.

Bagaimana Game Online Jadi Media Pertemanan

Cek sosmed, baca status teman, nonton video yang dibagikan, beri like sampai menulis komentar, semua itu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Saat dunia terhubung dengan jaringan global bernama internet, batasan antar individu semakin kabur.

Sisi positifnya, setiap orang bisa menjalin hubungan pertemanan. Bahkan sosial media sekarang sudah seperti aplikasi cari teman.

Sekarang, bagaimana dengan game online? Sejak era media sosial belum sepopuler sekarang, game online sebenarnya sudah mengambil peran sebagai media pertemanan.

Hanya saja, jaringan pertemanan dalam game online memang lebih spesifik antar gamer atau orang-orang yang suka bermain game saja.

Dalam game online, seorang player tidak hanya bermain sendirian. Mereka bermain dengan player lain yang juga sama-sama seorang manusia. Bahkan dalam game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), sering kali ada belasan hingga puluhan player yang berkumpul di satu tempat yang sama.

Di belakang belasan hingga puluhan player tersebut, tidak semuanya bermain di kota atau negara yang sama. Bahkan tidak jarang ada player yang berasal dari belahan Bumi yang berbeda.

Kondisi serupa juga terjadi dalam genre game online lain seperti MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti pada game “Mobile Legend” atau pada genre online multiplayer battle royale game seperti “PUBG”.

Saat sedang main game online, antar player bisa saling berinteraksi. Entah itu saling berkirim pesan teks atau bahkan berkomunikasi lewat pesan suara secara real time. Game online saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur friend list.

Dengan fitur ini, para gamer bisa menjalin hubungan pertemanan setelah bermain game sama-sama.

Bagaimana Game Online Bisa Membantu Orang Mendapatkan Teman

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, game online tidak berbeda jauh dengan media sosial. Game online adalah ruang publik yang mempertemukan banyak orang dalam satu platform yang sama.

Saat seorang gamer mulai online, pada saat itu ia mulai terhubung dengan jaringan global bernama internet. Namun saat ia mulai bermain game online dan bertemu dengan player lain, pada saat itu ia juga mulai bertemu dengan orang lain dan berpotensi untuk berinteraksi bahkan menjalin hubungan pertemanan.

Cara game online membantu orang untuk mendapatkan teman cukup beragam. Genre game yang dimainkan juga ikut mempengaruhi bagaimana hubungan pertemanan bisa terjalin. Misalnya saja dalam game bergenre MMORPG.

Saat seorang gamer mendekati pemain lain dan mengirim pesan teks dan dibalas oleh lawan bicaranya, pada saat itu komunikasi mulai terjalin. Meski awalnya hanya sekedar untuk cari teman ngobrol, interaksi yang dilakukan bisa mendorong ke tahap berikutnya, yakni bermain dan berpetualang bersama.

Hubungan ini bisa saja semakin kuat saat ada dua player atau lebih memutuskan untuk membuat satu party (grup petualang).

Selama berpetualang, antar player dalam satu party biasanya akan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Jadi tidak mengherankan kalau semakin lama mereka berinteraksi dan bekerja sama, semakin kuat juga hubungan pertemanan mereka.

Bahkan ikatan pertemanan yang terbentuk bisa saja tidak kalah kuat jika dibandingkan dengan hubungan pertemanan yang terjalin secara konvensional melalui tatap muka secara langsung.

Fenomena seperti ini juga bisa terjadi pada game online dalam genre lain. Setelah bermain bersama untuk waktu yang cukup lama, tidak jarang antar player memutuskan untuk bertemu secara langsung.

Bahkan dalam kasus yang cukup langka, ada hubungan asmara yang terjalin antar sesama gamer. Hanya saja, skenario yang terjadi bisa saja berbeda-beda tergantung pada beberapa hal.

Bagi beberapa orang, khususnya mereka yang pemalu, game online kerap dijadikan sebagai alat bantu untuk menjalin hubungan pertemanan. Orang-orang pemalu biasanya cenderung merasa lebih bebas untuk menjadi dirinya sendiri dalam dunia game.

Mereka merasa lebih aman dari justifikasi. Jadi tidak mengherankan kalau sejak game online muncul, banyak yang memanfaatkan game bukan hanya untuk melepas stres tapi juga untuk cari teman main game.

Seperti Apa Hubungan Pertemanan yang Terjalin Melalui Game Online

Seperti apa hubungan pertemanan yang terjalin lewat media sosial? Dalam game online, hubungan pertemanan yang terjalin sebenarnya tidak berbeda jauh. Begitu juga dengan hubungan pertemanan dalam dunia offline atau dunia nyata.

Dalam dunia game online, sebelum terjalin hubungan pertemanan, biasanya ada beberapa tahapan. Tahapan ini bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa hal, termasuk genre game online yang dimainkan. Skenario hingga seorang gamer bisa berteman dengan gamer lain juga sangat beragam.

Salah satu bentuk hubungan pertemanan yang terjalin melalui game online adalah teman main bareng. Misalnya dalam game bergenre MMORPG, main bareng di sini bisa dilakukan dengan cara membentuk party atau grup petualang dan hunting atau berburu bersama.

Bentuk lain dari hubungan pertemanan yang terjalin melalui game online adalah hubungan pertemanan satu guild. Sebenarnya guild ini memiliki banyak kemiripan dengan party atau grup. Hanya saja kapasitas dan fitur yang ada relatif lebih banyak.

Kalau sudah cukup saling mengenal, tidak jarang kalau ada gamer yang memutuskan untuk bertemu langsung dan main bareng (mabar) di satu tempat yang sama. Entah itu di kafe atau di tempat lain.

Sama seperti hubungan pertemanan pada umumnya, hubungan pertemanan dalam dunia game awalnya juga tidak begitu kuat. Berada dalam kondisi di mana antar player tidak saling bertatap muka kerap membuat beberapa orang tidak mudah percaya dengan player yang baru dikenal.

Namun seiring dengan banyaknya interaksi yang dilakukan, hubungan tersebut biasanya akan semakin kuat, apalagi kalau sering bermain bersama dan sering berbagi cerita.

Sama halnya dengan hubungan pertemanan di dunia nyata, banyaknya interaksi yang dilakukan membuat seorang player mengenal player lain secara lebih mendalam. Berbeda dengan era awal game online, interaksi yang bisa dilakukan di era sekarang semakin beragam.

Fitur chat dalam game bukan satu-satunya alat komunikasi antar player. Dengan adanya aplikasi game voice chat. gamer juga bisa berkomunikasi lewat suara secara real time.

Main Game di MPL bisa Dapat Hadiah dan Teman

Game online sekarang bukan cuma bisa jadi ajang untuk melepas stres. Kamu juga bisa bermain game untuk mendapatkan teman baru. Bahkan kalau kamu main game di aplikasi MPL, kamu bisa saja dapat hadiah uang.

MPL (Mobile Premier League) sebenarnya merupakan aplikasi turnamen game yang tersedia untuk platform mobile seperti Android dan iOS. Dalam aplikasi ini kamu akan menemukan banyak pilihan game kasual atau arcade yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Beberapa contoh judul game yang bisa kamu mainkan di aplikasi MPL ini di antaranya adalah Fruit Chop, Go Ride, Runner No 1 dan Monster Truck. Game yang ada memang tergolong ringan dan tidak punya grafis ala game hardcore. Tapi justru karena itulah, kamu tidak perlu spesifikasi tinggi untuk main game di aplikasi MPL.

Sama seperti game online lain, di aplikasi MPL kamu juga bisa main bareng dengan player lain. Tapi bagian yang cukup menarik dari main game di aplikasi MPL ini adalah hadiahnya. Di sini kamu tidak cuma bisa main game dan melepas stres. Kamu juga bisa dapat uang jajan.

Untuk bisa dapat uang jajan di aplikasi turnamen game MPL, kamu harus bermain sebaik mungkin. Dapatkan skor setinggi mungkin untuk setiap game yang kamu mainkan. Beberapa judul game juga bisa jadi ladang diamond, bahkan lebih dari game-game lain. Misalnya saja seperti Blockmash dan Bubble Shooter.

Setelah mendapatkan diamond, kamu bisa menukarnya dengan saldo GoPay dan LinkAja. Jadi semakin banyak diamond yang kamu dapat, uang yang kamu dapat juga semakin banyak. Kapan lagi bisa main game, cari teman di aplikasi plus dapat hadiah seperti ini.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x