Cara Main Game Android Di PC: Bisa Bermain Game Android Di Layar Besar!

Pro, ketika sedang asik mengejar setoran Berlian Kemenangan di MPL Indonesia, apakah kamu pernah berangan-angan untuk bisa main game Android di PC/laptop dengan layar yang besar? Ini bukan cuma sekedar menghayal lagi lho, karena sudah ada cara main game Android di PC atau laptop yang bisa kamu coba, Pro!

Caranya adalah dengan menggunakan emulator Android, atau program yang bisa mensimulasikan sistem operasi Android di PC/laptop. Pro yang kurang fasih dengan komputer juga tidak usah ragu, karena proses memainkan game Android dengan emulator ini tidak sulit, kok.

Langkah-Langkah Main Game Android di PC/Laptop

Pro yang sudah pengalaman dengan komputer mungkin sudah pernah menggunakan emulator untuk menjalankan game konsol jadul seperti PlayStation atau Super Nintendo. Emulator Android juga menggunakan prinsip dasar yang sama, Pro.

Saat ini, ada beberapa emulator Android yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game Android di komputer. Beberapa emulator Android terbaik yang ada di pasaran adalah BlueStacks, LD Player, dan Gameloop yang semuanya bisa diunduh secara gratis.

BlueStacks dan LD Player sudah mendukung sistem operasi Windows dan Mac. Sementara Gameloop saat ini hanya bisa digunakan di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Untuk langkah-langkah bermain game Android secara lengkap, kamu bisa ikuti petunjuk berikut! Penjabaran langkah-langkah main game Android di PC berikut akan menggunakan BlueStacks sebagai contoh, tapi LD Player dan Gameloop seharusnya menggunakan prinsip yang sama.

1. Download Emulator Android BlueStacks di PC/Laptop Kamu

download emulator bluestacks
Sumber: bluestacks.com

Pertama, kamu bisa mengunjungi website resmi BlueStacks melalui browser PC kamu untuk mendownload versi emulator Android BlueStacks terbaru. Klik tombol “Download BlueStacks” berwarna hijau yang ada di layar untuk memulai proses download.

Setelah proses download selesai, baru kamu bisa melanjutkan ke proses instalasi.

2. Install Emulator Android BlueStacks di PC/Laptop Kamu

install emulator bluestacks
Sumber: bluestacks.com

Buka aplikasi emulator Android BlueStacks dan klik tombol “Install Now” berwarna biru untuk memulai proses instalasi.

Di awal, kamu juga bisa menentukan folder instalasi emulator ini. Kedepannya, baik game maupun aplikasi Android yang kamu install juga akan tersimpan di folder yang sama, jadi jangan salah pilih.

Setelah proses instalasi selesai, baru kamu bisa berkenalan dengan BlueStacks itu sendiri. Tapi, sebelum kamu bisa main game Android di PC, ada beberapa hal yang kamu harus lakukan terlebih dahulu nih, Pro.

3. Login ke Akun Google Kamu Melalui BlueStacks

login ke akun google kamu
Sumber: bluestacks.com

Berhubung BlueStacks mengemulasikan sistem operasi Android seutuh-utuhnya, emulator ini baru bisa beroperasi optimal setelah kamu login ke akun Google kamu. Caranya mudah, dan BlueStacks juga akan langsung meminta alamat email dan password kamu ketika pertama kali dijalankan.

Di layar Google Play yang muncul, klik tombol “Sign In” berwarna biru dan masukkan informasi akun Google yang ingin kamu gunakan.

Ketika kamu sudah menyelesaikan proses sign-in, baru kamu bisa menggunakan BlueStacks secara sepenuhnya. Namanya juga emulator Android, tampilan yang diusung emulator ini juga sama dengan sistem operasi Android biasanya.

4. Buka Google Play Store dan Pilih Game Android yang Ingin Kamu Mainkan

buka play store di bluestacks
Sumber: bluestacks.com

Untuk mulai main game Android di PC atau laptop kamu, langkah selanjutnya adalah dengan download game favorit kamu. Seperti layaknya di HP Android biasa, kamu bisa membuka Google Play Store untuk mulai mencari game maupun aplikasi Android yang kamu inginkan.

Di halaman utama BlueStacks atau home screen, klik ikon Play Store yang ada di layar. Seperti biasa, kamu bisa langsung menggunakan search box untuk mencari game yang kamu inginkan.

Perlu dicatat bahwa untuk menjalankan aplikasi game kelas berat seperti PUBG: New State, kamu tetap akan membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Dikarenakan proses emulasi yang cukup rumit, menjalankan game Genshin Impact versi Android di BlueStacks bisa lebih berat ketimbang versi PC, lho!

5. Install Game Pilihan Kamu Dari Play Store

install game dari play store
Sumber: bluestacks.com

Setelah kamu menemukan dan download game yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah untuk install game tersebut. Di halaman game yang kamu ingin mainkan, klik tombol “Install” yang ada di kanan atas, yang di contoh ini adalah game Among Us.

Tunggu sampai proses instalasi game selesai.

6. Klik Ikon Game Yang Muncul Di Home Screen

buka ikon game di bluestacks
Sumber: bluestacks.com

Setelah proses instalasi selesai, ikon game yang bersangkutan akan muncul di halaman utama BlueStacks. Nah, untuk mulai main, kamu tinggal klik ikon tersebut dan kamu bisa langsung seru-seruan, Pro!

Untuk membuat pengalaman main game kamu semakin seru, BlueStacks juga memiliki beberapa fitur tambahan yang lumayan keren, lho.

Fitur-Fitur Tambahan Pada BlueStacks

Meskipun BlueStacks dirancang untuk mudah dan ringan digunakan bagi kamu yang gaptek sekalipun, namanya aplikasi pasti memiliki fitur tambahan. Untuk bisa mengakses fitur tambahan ini juga sebenarnya tidak sulit, selama kamu menginstruksi yang ada dengan jelas, Pro.

1. BlueStacks Bisa Mengemulasikan Jaringan Seluler

Untuk menjalankan aplikasi Android tertentu, terkadang Pro membutuhkan akses ke jaringan seluler. Tanpa akses ke jaringan seluler, pastinya kamu juga tidak bisa menjalankan aplikasi Android di PC dengan optimum.

Sebagai salah satu emulator Android terbaik, untungnya BlueStacks juga sudah bisa mengemulasikan jaringan seluler ini, Pro. Tapi, perlu dicatat bahwa karena ini hanya sekedar emulasi saja, ada aplikasi yang tetap tidak akan berjalan mulus ketika dijalankan di PC atau laptop.

2. Untuk Meningkatkan Performa, Kamu Bisa Menggunakan Fitur Virtualisasi

Dengan bermain game Android di PC menggunakan emulator Android, kamu pada dasarnya menjalankan dua sistem operasi berbeda pada satu perangkat. Selain rumit, proses ini juga menggunakan sumber daya yang tidak sedikit pada PC atau laptop kamu.

Untuk itu, sistem operasi Windows memiliki fitur bernama virtualisasi yang dapat meningkatkan performa ketika menggunakan emulator Android. Virtualisasi ini sangat berguna jika spesifikasi PC kamu pas-pasan, atau ketika kamu ingin menjalankan aplikasi atau game Android di laptop.

Langkah-langkah mengaktifkan proses virtualisasi ini akan berbeda tergantung perangkat maupun versi Windows yang kamu gunakan. Jadi, pastikan kamu mengikuti instruksi langsung dari manufaktur perangkat kamu atau konsultasi dulu dengan ahlinya, ya.

Memang agak rumit, tapi virtualisasi ini adalah salah satu proses kunci jika kamu ingin memanfaatkan kelebihan bermain game Android di PC, Pro!

Kelebihan Bermain Game Android di PC

Meskipun teknologi sudah berkembang pesat, tetap saja main game di HP tidak akan senyaman main game di PC. Dengan menggunakan emulator Android terbaik seperti BlueStacks, kamu bisa merasakan kelebihan bermain game Android di PC berikut, Pro!

1. Bisa Main Game Android di Layar Besar

main game tv
Sumber: unsplash.com

Dengan situasi pandemi dan WFH yang sekarang sedihnya masih menjadi norma, keuntungan portabilitas dari HP jadi tidak berguna. Secara kita semua juga masih kebanyakan di rumah, kenapa tidak sekalian mencoba bermain game Android di layar besar, Pro?

Nah, dengan menggunakan emulator Android, kamu bisa menikmati sensasi main game Android di monitor atau bahkan TV. Bahkan, kamu juga bisa melihat keindahan visual game favorit kamu di layar dengan resolusi 4K jika tersedia di rumah.

Tentunya, postur kamu yang sudah terbiasa membungkuk ketika bermain game di HP juga bisa lebih nyaman sedikit.

2. Bisa Menggunakan Mouse, Keyboard, atau Gamepad

mouse keyboard gamepad
Sumber: bluestacks.com

Layar sentuh memang praktis karena bisa menghemat ruang dan memaksimalkan ukuran layar pada perangkat. Tapi, penggunaan layar sentuh bisa menjadi bumerang saat bermain game karena dapat membuat pergerakan kamu menjadi tidak presisi, Pro.

Memang ada beberapa game Android yang sudah mendukung penggunaan gamepad, tapi ini juga masih terbatas. Dengan menggunakan emulator Android, kamu bisa langsung bermain game Android di komputer menggunakan perangkat mouse, keyboard, atau gamepad.

Biasanya, emulator Android terbaik seperti Gameloop sudah memiliki susunan key binding sendiri yang akan diimplementasikan secara otomatis. Tapi, kamu juga bisa menentukan susunan key binding sendiri untuk membuat pengalaman main game Android di komputer semakin nyaman.

3. Bisa Memanfaatkan Spesifikasi PC Mumpuni

spek gaming pc
Sumber: bluestacks.com

Sedewa apapun spesifikasi HP flagship Android yang paling mahal, dijamin masih kalah ngebut dibandingkan gaming PC, Pro. Khusus untuk kamu yang memiliki spesifikasi PC ganas dan sudah mengaktifkan fitur virtualisasi, kamu bisa memanfaatkannya untuk main game Android, Pro!

Selain bisa menjalankan game dengan pengaturan grafis maksimum, emulator Android juga umumnya memiliki kapabilitas multitasking yang mumpuni. Daripada capek-capek pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, kamu bisa langsung menjalankan 2 emulasi sekaligus, lho.

Walhasil, bukan cuma bisa main game Android di PC dengan nyaman, kamu juga bisa menambah produktivitas dengan membuka 2 atau lebih layar sekaligus. Selama kamu memiliki RAM cukup, tidak ada yang akan protes juga, Pro!

4. Tidak Usah Memikirkan Sisa Baterai

low battery
Sumber: unsplash.com

Harus selalu berada dekat powerbank atau colokan sudah menjadi takdir bagi para gamer yang sering main game di Android. Dengan menggunakan aplikasi emulator di Android, pastinya kamu jadi bisa menghindari kutukan ini, Pro.

Sayangnya, kamu yang bermain game Android di laptop tidak bisa menikmati keuntungan menggunakan emulator yang satu ini, Pro.

Kekurangan Bermain Game Android di PC

Namanya hidup memang tidak ada yang sempurna. Entah itu karena ketidaksempurnaan proses emulasi atau memang dari gamenya sendiri, ada beberapa keterbatasan yang tidak bisa diganggu gugat ketika bermain game Android di PC, Pro.

1. Emulator Android Masih Menggunakan Versi Android Jadul

android jadul
Sumber: wikimedia.org

Sementara Android sudah mencapai versi Android 12, emulator yang ada saat ini masih mentok di Android Nougat atau Android 7, Pro. Dengan kata lain, kamu menggunakan versi Android yang sudah ketinggalan enam tahun.

Dengan banyaknya game dan aplikasi Android yang membutuhkan versi Android yang lebih baru, artinya pilihan kamu akan sangat terbatas. Memang BlueStacks sudah menyiapkan versi baru yang berbasis Android Pie atau Android 9, tapi ini juga masih dalam versi beta.

2. Tidak Bisa Bermain Game Unik Seperti Pokemon GO

pokemon go
Sumber: unsplash.com

Seperti yang Pro ketahui, Pokemon GO memanfaatkan fitur Augmented Reality (AR) di Android untuk memberikan pengalaman bermain game yang benar-benar unik. Sangat sulit bagi sebuah emulator untuk bisa mengemulasikan semua fitur yang ada di Pokemon GO.

Selain itu, ada beberapa game maupun aplikasi yang jelas-jelas melarang penggunaan software seperti emulator, Pro. Contohnya, ada aplikasi Esport MPL Indonesia karena memang pemain dituntut untuk hanya mengandalkan skill bermain game saat bertanding.

3. Tidak Bisa Mabar Rame-Rame Sekampung

mabar
Sumber: unsplash.com

Ketimbang game konsol atau PC yang hanya bisa dimainkan di rumah, keuntungan bermain game Android itu karena bisa dilakukan di mana saja, Pro. Kamu yang sering kumpul-kumpul bareng teman, pasti sudah tahu sendiri bagaimana rusuhnya sesi mabar, kan?

Nah, ketika kamu bermain game Android di PC, kamu tidak akan bisa merasakan sensasi heboh sesi mabar ini, Pro. Pasti garing juga kalau kamu bermain game tapi cuma ada suara jangkrik yang menjadi latar sesi main game kamu, kan?

Meskipun memiliki keuntungan tersendiri, memang main game Android di PC menggunakan emulator itu tidak bisa sepenuhnya menggantikan main game Android di HP, Pro. Tapi, dengan kondisi WFH yang tidak kunjung berakhir, main game Android di PC tetap menjadi alternatif yang menarik!

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x