Apa Itu GG Dalam Game Online? Istilah Ini Bisa Bermakna Ganda, Lho!

Pro yang sering bermain game online pasti sudah mengetahui kalau game online sering memiliki bahasa gaul sendiri seperti istilah GG dan variasinya. Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu GG, istilah GG merupakan istilah unik karena bisa memiliki konotasi berbeda tergantung penggunaannya, Pro.

Berbeda dengan istilah seperti AFK yang sejarahnya bisa dilacak ke program chat tahun 90-an IRC, istilah GG asli berasal dari komunitas gamer. Sejak dari awal penggunaannya di sekitar tahun 2000-an, istilah ini sudah berubah dari yang awalnya memiliki konotasi positif menjadi negatif, lho.


Sejarah dan Arti GG

GG sendiri adalah singkatan dari ‘good game’ yang jika diartikan secara harfiah dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia berarti ‘permainan yang bagus’. Bisa Pro tebak sendiri, istilah dan singkatan ini awalnya untuk menandakan sportivitas antara para pemain.

Berhubung tidak ada saling tatap muka antara para pemain di game online, istilah GG ini dipakai sebagai pengganti jabat tangan di akhir permainan. Singkatan GG sendiri muncul di antara para pemain game strategi Starcraft yang dulu sangat populer di akhir tahun 90-an.

Bahkan, Google sendiri dulu pernah mengeluarkan Easter Egg yang terkait dengan GG dan Starcraft. Jika kamu mengetik frasa ‘Zerg Rush’ di Google, sebuah taktik populer di Starcraft, akan muncul pasukan huruf ‘O’ yang menyerbu layarmu sampai akhirnya membentuk singkatan GG, Pro!

Sekarang, penggunaan singkatan GG sudah menyebar dan tidak terbatas dari game Starcraft saja. Singkatan GG sudah banyak dipakai oleh pemain-pemain dari game Esports populer lain seperti Dota maupun PUBG Mobile.


Singkatan GG Berubah Menjadi Konotasi Negatif

Sayangnya, seperti bahasa lain yang sering mengalami perubahan arti seiring dengan perkembangan jaman, arti GG juga sekarang sudah berubah. Singkatan GG yang awalnya menunjukkan sportivitas antar pemain sekarang malah dipakai sebagai ejekan, Pro.

Misalkan kamu atau tim kamu baru saja kalah telak, tapi di akhir permainan, pemain lawan malah melontarkan singkatan GG di kolom chat. Mungkin permainan barusan merupakan permainan bagus untuk sang pemenang, tapi pastinya tidak untuk yang kalah, kan?

Nah, di sinilah mulai adanya pergeseran makna dari singkatan GG tergantung dari waktu dan cara penggunaannya, Pro. Setelah permainan sengit, GG memiliki arti yang positif, tapi jika permainan terbukti berat sebelah, GG bisa digunakan sebagai sindiran.

Terlebih lagi dengan munculnya beberapa varian dari GG di beberapa tahun terakhir yang jelas-jelas lebih menghina.


Varian dari Singkatan GG

Namanya bahasa memang selalu melalui evolusi sesuai dengan perkembangan jaman. Seperti ‘ayo’ yang berubah menjadi ‘yuk’ dan akhirnya menjadi ‘kuy’, singkatan GG juga sudah berkembang dan menghasilkan beberapa bentuk berbeda.

Berbeda dengan GG biasa yang bersifat netral, varian ini memiliki konotasi positif maupun negatif yang lebih jelas, Pro.

1. GG (Good Game)

Sebagai bentuk dasar, singkatan GG bersifat netral dan bisa berarti fleksibel tergantung penggunaannya. Selain diucapkan oleh para pemain, istilah ini juga sering digunakan para penonton livestreaming untuk memuji skill permainan yang masuk kategori dewa, Pro.

Untuk kamu yang sering menonton permainan streamer kelas atas seperti Michael ‘Shroud’ Grzesiek, kamu pasti akan sering melihat GG muncul di kolom chat.

2. GGWP (Good Game, Well Played)

GGWP yang merupakan singkatan dari ‘good game, well played’ adalah bentuk GG yang memiliki konotasi paling positif. Jika diartikan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, GGWP memiliki arti harfiah ‘permainan bagus, cara bermain kamu oke’.

Singkatan GGWP banyak dilihat di akhir pertandingan sengit, atau ketika pihak yang kalah mengakui keahlian sang pemenang. Untuk menghindari adanya kesalahpahaman di akhir permainan, amannya kamu menggunakan GGWP dibandingkan GG yang biasa, Pro.

3. GGEZ (Good Game, Easy)

Salah satu tanda-tanda pemain toxic di game online adalah jika mereka menggunakan istilah GGEZ dan bentuk trash-talking lainnya. Jika kamu kebetulan bertemu dengan orang-orang seperti ini, kamu harus selalu siap mental ya, Pro.

GGEZ itu sendiri merupakan singkatan dari ‘good game, easy’ dan biasanya digunakan sebagai hinaan dari sang pemenang ketika menang telak. Singkatnya, sang pemenang mengejek lawannya sebagai lawan yang terlalu ‘mudah’.

4. GGGG (Good Game, Git Gud)

Satu lagi varian yang lebih jarang muncul tapi sama-sama menghina dengan GGEZ adalah GGGG. Singkatan yang satu ini pada dasarnya menggabungkan 2 istilah gaming yang berbeda, GG atau ‘good game’ dan ‘git gud’.

‘Git gud’ sendiri adalah versi slang dari ‘get good’ yang digunakan sebagai ejekan untuk pemain yang mengeluh ketika game dianggap terlalu susah. Walhasil, singkatan GGGG ini juga masuk ke dalam kategori trash talking dan banyak dipakai oleh pemain toxic, Pro.


Untuk Pro yang berpikir untuk berkecimpung di dunia Esports, baik di Aplikasi MPL maupun game Esports lainnya, kamu akan banyak bertemu dengan singkatan GG. Tapi, hati-hati jika kamu ingin menggunakan istilah ini, karena GG memiliki makna ambigu.

Amannya, kamu dapat menggunakan singkatan GGWP yang paling memiliki konotasi positif dibandingkan bentuk GG lainnya, Pro.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x