Apa Itu AFK? Yuk, Kenalan Dengan Asal-Usul Dan Definisinya!

Untuk Pro yang memiliki banyak pengalaman main game online, kamu pasti sudah sering mendengar istilah seperti AFK ketika bermain. Nah, jika kamu sampai saat ini masih belum mengetahui apa itu AFK, bacaan ini akan sangat bermanfaat untuk kamu, lho.

Singkatnya, AFK adalah singkatan dari ‘away from keyboard’ yang jika diartikan dari Bahasa Inggris adalah ‘jauh dari keyboard’. Uniknya, istilah AFK itu sendiri bukan berasal dari komunitas game, tapi dari cikal-bakal WhatsApp ataupun aplikasi chatting lainnya yang bernama Internet Relay Chat (IRC).


Asal-Usul “AFK”

Beberapa dari kamu mungkin ada yang pernah menggunakan aplikasi chatting Windows Live Messenger atau Yahoo Messenger di sekitar tahun 2000-an. Nah, IRC yang menjamur di tahun 1990-an bisa dibilang merupakan pendahulu dari kedua aplikasi chatting untuk komputer tersebut, Pro.

Sebelum adanya smartphone, chatting melalui internet hanya bisa dilakukan melalui komputer dengan bantuan IRC atau aplikasi chatting di atas. Berbeda dengan situasi sekarang di mana ghosting atau menggantung chat orang lain dianggap lumrah, ghosting pada jaman dulu dilarang keras.

Ketika kamu atau lawan bicara kamu harus meninggalkan keyboard, untuk makan atau ke kamar mandi misalkan, biasanya kamu akan mengetik AFK. Seperti yang telah dijelaskan, AFK merupakan singkatan dari ‘away from keyboard’ dan mengisyaratkan bahwa balasan kamu akan terlambat.

Jadi bisa dibilang bahwa arti AFK itu adalah sebagai tanda kesopanan atau etika saat berinteraksi online. Ketika genre massively multiplayer online role-playing game (MMORPG) mulai populer di awal tahun 2000-an, istilah AFK ini akhirnya mulai merambah ke dunia game, Pro.


Istilah AFK Mulai Merambah ke Dunia Gaming

Untuk Pro yang lahir di tahun 90-an, mungkin kamu dulu pernah memainkan game Ragnarok Online yang dulu selalu terlihat di warnet. Nah, Ragnarok Online itu merupakan salah satu contoh game MMORPG yang sangat menitikberatkan elemen sosial, Pro.

Di game online tersebut, kamu bisa membuat Group untuk bertualang bersama rekan-rekan kamu, Pro. Fitur grup ini terutama sangat penting ketika melawan monster bos yang dikenal dengan istilah MVP yang hampir mustahil untuk dikalahkan sendirian.

Tapi bagaimana ketika saat akan menghadapi monster tersebut, kamu malah mendapatkan panggilan alam dan harus meninggalkan permainan? Nah, di saat seperti inilah istilah AFK menjadi sangat berguna jadi rekan satu tim kamu bisa menahan diri sebentar sambil menunggu kamu kembali.

Sampai sekarangpun, kamu pasti akan banyak mendengar istilah AFK ketika memainkan game multiplayer yang menyediakan fitur text chat. Bahkan, banyak pemain yang juga sering menyerukan istilah AFK melalui voice chat saat main game, lho.


Kapan AFK Seharusnya Digunakan?

Meskipun penggunaan istilah AFK itu sendiri awalnya adalah bentuk kesopanan, alasan AFK tidak bisa kamu gunakan semena-mena. Jika pemain menang harus meninggalkan permainan sejenak, pemain harus bisa memilih waktu yang tetap untuk tidak menyusahkan rekan satu tim, Pro.

Nah, untuk Pro yang baru saja terjun ke dunia game online, mengetahui arti apa itu AFK saja belum cukup, kamu harus mengetahui cara pengunaannya!

1. Pastikan Kamu Hanya AFK Sebentar Saja

AFK memiliki arti tersirat bahwa seorang pemain hanya akan meninggalkan game sebentar saja, dan akan kembali ke game dalam hitungan detik. Misalkan kamu sudah kebelet buang air kecil atau ojol yang mengantarkan makanan kamu sudah sampai, kamu diperbolehkan menggunakan AFK.

Tapi, ketika keperluan kamu itu akan memakan waktu lama, kamu tidak bisa seenaknya izin ingin AFK dari game, Pro. Contohnya, jika kamu ingin makan, buang air besar, atau tidur sebentar, jangan sampai kamu menggantung teman kamu menggunakan AFK.

Dalam konteks chatting, AFK sampai berjam-jam masih merupakan hal yang lumrah. Tapi, tidak masuk akal mengharapkan bahwa teman-teman kamu akan rela menunggu kamu sebelum memulai permainan, Pro.

2. Jangan AFK di Tengah Pertempuran

Kalau kamu mau AFK, kamu juga harus pintar-pintar memilih waktu untuk tidak menyusahkan pemain lain, Pro. Pada game MMORPG misalnya, biasanya grup akan mengadakan sesi AFK sebelum menyerbu dungeon atau berhadapan dengan bos.

Di sesi AFK ini, pemain biasanya dipersilahkan untuk ke menyelesaikan urusan masing-masing untuk menghilangkan gangguan saat sudah masuk ke dungeon. Jangan sampai kamu memilih waktu AFK saat  pemain lain sedang bahu-membahu mengalahkan musuh, Pro.

Begitu juga untuk kamu yang sering bermain game online Esports seperti game Mobile Legends. Lengah satu detik saja dapat berujung pada kekalahan tim kamu, jadi jangan sampai kamu AFK di tengah jalannya permainan, apalagi saat sedang bermain ranked match.

Ketika kamu bermain game catur online Speed Chess, AFK juga dapat langsung berujung pada kekalahan, lho. Seperti namanya, Speed Chess memiliki laju yang cepat dan jika kamu kehabisan waktu, kamu akan otomatis dinyatakan kalah, Pro.

3. Jangan Pakai AFK Sebagai Dalih Berbuat Curang

Benar sekali Pro, sekarang AFK ternyata juga sering digunakan sebagai metode siasat dan pemain game online Among Us mungkin sudah pernah melihat trik ini. Ketika kamu mendapatkan peran sebagai Crewmates di game Among Us, kamu harus selalu waspada terhadap para Impostor.

Nah, terkadang ada Impostor yang mengaku sedang AFK dan berdiam diri tapi sebenarnya sedang menunggu kesempatan, Pro. Ketika kamu lengah, otomatis para Impostor akan langsung bergerak dan membunuh karakter kamu.

Di puncak popularitas game online yang satu ini, trik AFK bahkan sampai diliput oleh para YouTuber dan streamer terkenal. Untuk Pro yang masih aktif bermain game Among Us, selalu waspada ketika ada pemain lain yang menyatakan sedang AFK.

4. AFK Tanpa Alasan Cuma Memenuhi Server

Berkat penggunaan AFK yang dulunya berawal dari MMORPG, praktek AFK sendiri juga masih banyak ditemukan di game tersebut. Sampai sekarang, praktek AFK itu sendiri masih banyak dapat dilihat di game tersebut, meskipun alasannya sering tidak jelas.

Kalau Pro masih bermain game multiplayer Ragnarok Online atau mungkin Final Fantasy XIV, kamu pasti melihat banyak karakter yang ‘nongkrong’ di kota-kota besar. Biasanya, banyak karakter atau pemain yang nongkrong tersebut hanya sekedar mejeng sambil AFK, Pro.

Selain membuat proses loading semakin lambat untuk pemain lain, pemain AFK seperti ini juga mengambil jatah server dari yang lebih membutuhkan. Sebuah game MMORPG biasanya memiliki batas pemain maksimum pada tiap server dan pemain AFK ini bisa membuat pemain lain gagal login.

Walhasil, banyak MMORPG modern yang menerapkan sistem AFK timer. Pemain yang dalam periode tertentu sama sekali tidak bergerak atau hanya bengong akan otomatis tertendang dari game, Pro.

Uniknya, meskipun sekarang dunia game sudah berpindah ke game mobile, istilah ‘away from keyboard’ ini masih digunakan. Meskipun seperti yang kamu ketahui, padahal HP sudah sepenuhnya menggunakan layar sentuh dan sama sekali tidak menggunakan keyboard, lho.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar!!!x